Putaran Final Kejuaraan Futsal Terbesar antar SMA Siap Bergulir

Kautsar Halim    •    13 November 2018 18:02 WIB
futsal
Putaran Final Kejuaraan Futsal Terbesar antar SMA Siap Bergulir
Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka Ricky Suhendar dan Menpora Imam Nahrawi berpose dengan Piala Pocari Sweat Futsal Championship 2018 (Foto: Medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Putaran final kompetisi futsal terbesar antar Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Indonesia siap bergulir di Solo, Jawa Tengah pada 16-18 November mendatang. Event tersebut merupakan lanjutan dari penyelenggaraan ajang Pocari Sweat Futsal Championship 2018.

Pocari Sweat Futsal Championship 2018 merupakan kompetisi futsal tingkat SMA yang terselenggara di 43 kota dengan proses seleksi regional dan dilanjutkan dengan pertandingan tingkat nasional. Ajang ini bertujuan untuk menyaring bibit-bibit berbakat Tanah Air.

"Kompetisi ini telah menyaring atlet-atlet berbakat Indonesia. Event ini tentu prestasi besar dan patut untuk terus terselenggara karena sesuai dengan visi kami," ujar Ricky Suhendar selaku Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa, (13/11/2018).

Baca: Dinar Dyah Ayustine dan Ruselli Belum Terbendung

Sejak diadakan sembilan tahun lalu, event ini sudah mendapat dukungan pemerintah, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Selain itu, antusias pesertanya pun selalu meningkat dari tahun ke tahun. Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) turut bangga kompetisi futsal antar SMA bisa konsisten terselenggara.


Menpora Imam Nahrawi menyampaikan kata sambutan di jumpa pers Pocari Sweat Futsal Championship 2018 (Foto: Medcom.id/Kautsar Halim)

"Kami bersyukur dan berterima kasih wahana besar ini konsisten selama sembilan tahun. Dampaknya pun cukup terasa karena bisa menjadi batu loncatan bagi para pelajar untuk menjadi atlet nasional. Saya harap event ini bisa berkelanjutan selama-lamanya," ujar Imam yang turut menghadiri jumpa pers.

Pocari Sweat Futsal Competition telah melahirkan atlet-atlet timnas yang dua di antaranya adalah Ardiansyah Runtuboy dan Rio Pangestu. Usman selaku pelatih futsal SMAN 8 Bekasi juga menyebutkan ada dua pemainnya yang menjadi skuat utama timnas futsal Indonesia U-20.

Baca: Penyebab Verstappen Nyaris Adu Jotos dengan Ocon di GP Brasil

"Sekolah kami sudah ikut sejak 2014. Event ini sangat membantu anak-anak murid saya yang memang senang sekali bermain futsal. Soal jadwal sekolah yang sedikit terganggu juga bukan masalah karena kami memperbolehkan untuk ujian via email," kata Usman.

Perhelatan Pocari Sweat Futsal Competition diikuti sebanyak 897 sekolah di seluruh penjuru Indonesia. Selain menjadi wadah untuk mencari atlet nasional, event tersebut juga menyuguhkan total hadiah sebesar Rp400 juta.


Video: Marcus/Kevin Juara Fuzhou China Open 2018

 


(PAT)