ASEAN Basketball League

CLS Knights Indonesia Petik Kemenangan Pertama di ABL

Gregorius Gelino    •    25 November 2018 09:42 WIB
basketasean basketball league
CLS Knights Indonesia Petik Kemenangan Pertama di ABL
Pemain CLS Knights, Keith Jensen (kiri), dihalangi lawan (Antara/M. Risyal Hidayat)

Surabaya: CLS Knights Indonesia berhasil memetik kemenangan pertamanya pada lanjutan ASEAN Basketball League (ABL) musim 2018-2019. Melakoni laga kandang pertamanya tadi malam di GOR Kertajaya, CLS Knights menang 87-78 atas tamunya Hongkong Eastern.

Tiga kali tembakan tiga angka Brandon Jawato, mengawali kinerja positip skuad Brian Rowsom di 10 menit awal, mengiringi total 11 poin yang ia buat di kuarter pertama. Selain itu kinerja pemain CLS pun mampu memaksa pemain bigman lawan Samuel Deguara untuk mendapatkan tigal kali foul dengan cepat.

Memasuki kuarter kedua, Hongkong Eastern mulai menemukan ritme permainanya. Jika kuarter sebelumnya mereka tidak mampu mencetak poin dari tembakan tiga angka, kali ini mereka menghujani jala CLS Knights dengan total lima kali tembakan tiga angka guna menipiskan margin kekalahan hingga defisit satu bola saja (38-39). Untungnya sebelum jeda babak pertama usai, Brandon Jawato berhasil menambah dua poin, membuat skor babak pertama menjadi 41-38.

Hongkong Eastern membalikan kedudukan 60-58 di kuarter ketiga. Tapi angin kemenangan bertiup kencang untuk tuan rumah pada kuarter keempat, khususnya saat laga memasuki menit ke dua. Dunk Montay Brandon mengangkat moral permainan CLS Knights, sebelumnya aksi lay up meliuk Maxie Esho juga membuat decak kagum penonton yang hadir langsung di GOR Kertajaya. Hingga waktu usai, CLS Knights akhirnya mampu memetik kemenangan pertamanya dikandang.

Brandon Jawato dan Maxie Esho menjadi pendulang angka terbanyak untuk timnya. Pria keturuan Bali tersebut mengemas 19, sedangkan Esho berhasil mencetak double-double, 22 poin dan 10 rebound.

“Hari ini kami bermain dengan baik. Passing bola juga berjalan lebih bagus dari pada pertandingan sebelumnya. Tapi salah satu kunci kemenangan tadi adalah para pemain saling percaya satu sama lain dan kinerja tembakan tiga angka kami cukup bagus (13 kali menghasilkan angka). Selanjutnya kami akan istirahat sehari setelah itu kami fokus melawan Saigon Heat dipertandingan selanjutnya,” ujar Brian Rowsom yang mengaku senang dengan atmosfir pertandingan malam ini.

“Selamat untuk kemenangan malam ini. Kami sempat bermasalah dengan banyaknya pelanggaran yang kami buat. Kedepannya kita akan segera bangkit lagi untuk menatap pertandingan Eastern berikutnya,” komentar pelatih Hongkong Eastern, Eduard Torres Girbau dihadapan awak media.

Pertandingan selanjutnya CLS Knights akan kembali bermain di kandang pada hari Rabu (28/11) menghadapi tim asal Vietnam, Saigon Heat.

Video: CLS Knights Indonesia Raih Kemenangan Perdana di ABL