Amerika Serikat Siapkan Stadion Besar Khusus Esport

Kautsar Halim    •    20 Maret 2018 19:42 WIB
olahragasportainment
Amerika Serikat Siapkan Stadion Besar Khusus Esport
Suasana kompetisi Esport. (Foto: Populous)

Arlington: Stadion mewah nan megah sedang dibangun di Arlington, Texas. Tujuannya bukan untuk menggelar pertandingan bola basket atau olahraga populer, melainkan untuk menampung para gamers menggelar kompetisi video game atau yang disebut juga Esports.

Stadion tersebut berdiri di atas lahan sekitar 3 hektar persegi dan bisa menampung penonton hingga 1.000 orang. City of Arlington selaku pihak pengembang bekerja sama dengan studio Populous untuk mendesain venue serta mendekorasi arena pertandingan.

Biaya pembangunan stadion khusus gamers itu disebutkan mencapai USD10 juta atau sekitar Rp137,6 triliun. Prosesnya dikabarkan bakal rampung pada akhir tahun 2018 dan bakal diberi nama Esport Stadium.


Klik: Eugenie Bouchard Lalui Rintangan Pertama di Miami Open


Secara teknis, Esport adalah permainan video game yang dimainkan secara berkelompok. Antusiasme pesertanya makin meningkat dari tahun ke tahun dan omsetnya diprediksi mencapai USD2,3 miliar (sekitar Rp31,6 triliun) pada 2022.

Jika sudah rampung dibangun, kabarnya Esport Venues akan langsung dimanfaatkan untuk menggelar kompetisi DOTA2 serta berbagai permainan yang dikembangkan Blizzard, misalnya NFL, NBA, dan game olahraga lainnya.

Esports makin populer ketika terselenggara di Stadion Bird Nest, Beijing, Tiongkok pada 2017. Saat itu, terdapat 40 ribu orang yang ikut menyaksikan secara langsung kompetisi League of Legends.
 

Klik: Hari Ini, Marcus/Kevin Tiba di Tanah Air


Membludaknya jumlah penonton bukan kendala. Sebab, Stadion Bird Nest memang dirancang untuk menampung kegiatan besar seperti event Olimpiade.

Esport sudah diperhitungkan dalam dunia olahraga dengan menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) yang akan dilombakan pada Asian Games 2022 Tiongkok. Sementara ini, Esport juga sedang diperjuangkan agar menjadi salah satu cabor di ajang Olimpiade 2024 Prancis. (fastcodesign.com)

 


(ACF)