Jelang Asian Games 2018

Test Event Asian Games: DKI Dominasi Gelar Kejurnas Rugby

Rendy Renuki H    •    27 Oktober 2017 07:00 WIB
asian games 2018
Test Event Asian Games: DKI Dominasi Gelar Kejurnas Rugby
Pertandingan final tim putra Kejurnas Rugby antara DKI Jakarta melawan Papua (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gelar juara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rugby dalam Test Event Asian Games 2018 berhasil didominasi DKI Jakarta. Tuan rumah menyabet gelar dari tim putra dan putri pada Kejurnas Rugby 7s yang diadakan di GOR Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta, Kamis 26 Oktober.

Tim putra dan putri DKI yang mayoritas dihuni atlet SEA Games 2017 lalu berhasil mengawinkan gelar pada Kejurnas yang diikuti 11 Provinsi ini. Hal itu diraih setelah tim putra DKI menang atas Papua di final dengan skor 15-5.

Pun begitu dengan tim putri DKI yang juga berhasil menyabet kemenangan di final. Mereka juga mengalahkan Papua dengan skor tipis 12-10.

Baca: Test Event Rugby 7s Dipantau Perwakilan Rugby Asia


Ketua Umum Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Didik Mukrianto puas dengan gelaran Kejurnas ini. Pasalnya, Kejurnas ini sekaligus menjadi ajang seleksi Timnas Rugby yang akan berlaga di Asian Games tahun depan.

Sebab, pelatih kepala timnas George Daniel William asal Selandia Baru bisa langsung menyeleksi pemain terbaik yang akan mengikuti pemusatan latihan (TC), November ini.

"Alhamdulillah dua hari Kejurnas ini saya berbangga dan mengapresiasi 11 provinsi yang mengirim atletnya. Ini modal besar untuk melahirkan Timnas secara objektif dan terbuka, karena kami tak main-main dalam membawa nama bangsa," kata Didik.

Sementara, kapten tim putra DKI Andre Fiksi Gumilang mengaku timnya telah memenuhi targer membawa pulang gelar juara di Kejurnas ini. Ia pun mengaku senang bisa masuk seleksi Timnas Rugby yang akan mulai melakukan pemusatan latihan November mendatang.

"Saya memang sudah pernah main di SEA Games. Insya Allah kalau dipercaya lagi tampil saya siap untuk berjuang demi Merah Putih," ucap pemain 21 tahun itu.

Video: PB PRUI Gelar Kejurnas Rugbi Sebagai Test Event Asian Games
 


(REN)