Road to Asian Games 2018

Kemenpora Mewajibkan Setiap Cabor Punya Target di Asian Games 2018

A. Firdaus    •    03 Januari 2018 21:57 WIB
asian games 2018
Kemenpora Mewajibkan Setiap Cabor Punya Target di Asian Games 2018
Gatot Dewa S Broto (Foto: Antara)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta para cabang olahraga (Cabor) untuk memasang target di Asian Games 2018. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kemenpora Gatot Dewa S Broto.

Sebab pencanangan target tersebut akan memengaruhi keputusan Menpora dalam verifikasi memangkas anggaran pemusatan latihan nasional (Pelatnas).

"Semua cabang olahraga harus memiliki target di Asian Games 2018 meski kita mengetahui verifikasi Kemenpora memutuskan pemangkasan anggaran Pelatnas," ujar Gatot kepada Antara.

Klik di sini: Bos Mercedes Yakin Hamilton tak Ikuti Jejak Rosberg

Tak ayal keputusan Kemenpora melakukan verifikasi pemangkasan anggaran membuat sejumlah pengurus Cabor melayangkan protes.

Kemenpora membela bahwa hal ini dilakukan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) 95 tahun 2017 tentang Peningkatan Prestasi Atlet. Di situ disebutkan bahwa anggaran bisa berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau pun di luar itu.

Klik di sini: Awal 2018, CLS Knights Diperhadapkan Lawan Sulit

"Anggaran bisa dari sponsor. Jika memang dibutuhkan kami akan memfasilitasi antara cabor dan sponsor," terang Gatot.

Salah satu faktor yang menyebabkan pemotongan anggaran adalah terkait potensi atlet yang tergabung dalam Pelatnas suatu cabor. Apakah atlet berpeluang besar mendulang emas atau tidak.

Portland Trail Blazers Menang Tipis Atas Chicago Bulls
 


(RIZ)