Jelang IBL 2017

Pemain Asing Satria Muda yakin Cepat Beradaptasi

Antara    •    12 Januari 2017 20:41 WIB
olahragabola basket
Pemain Asing Satria Muda yakin Cepat Beradaptasi
Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemain asing Satria Muda Pertamina (SM) asal Amerika Serikat, Carlos Charles Smith bertekad cepat beradaptasi dengan timnya agar tampil maksimal di Liga Bola Basket Indonesia atau Indonesian Basketball League (IBL) 2017.

"Saat ini saya ingin mengenal setiap pemain, juga budaya di Indonesia," ujar Carlos di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Pemain berusia 27 tahun itu menganggap ikatan erat antarpemain penting agar dapat mencapai target juara. Namun, sebagai pemain yang belum pernah bermain di Indonesia, Carlos sadar butuh waktu untuk menyesuaikan diri.

"Mungkin sekarang agak sulit, tetapi saya yakin seiring berjalannya kompetisi kami semua bisa saling mengerti satu sama lain," tutur pebasket bertinggi 206 centimeter tersebut.

Carlos Smith sendiri memulai karier profesionalnya di basket pada tahun 2014. Dia pernah bermain di Slovakia dan pada tahun 2015 lalu berlaga untuk klub Sabios de Manizales di Liga Kolombia.

Pemain yang akan mengenakan "jersey" nomor 16 itu biasa bermain di posisi power forward atau small forward. Namun, dengan postur yang tinggi dan berat mencapai 107 kilogram, dia juga dapat diplot sebagai center.

Selain Carlons, SM juga dapat memanfaatkan jasa satu pemain asing lagi di IBL 2017, yaitu Tyreek Jewel, seorang point maupun shooting guard.

IBL 2017 ini menjadi turnamen profesional pertama Tyreek. Sebelumnya jebolan St. Francis University bertinggi badan 185 centimeter ini bermain di National Collegiate Athletic Association (NCAA).

Baca juga: Satria Muda Belum Putuskan Pemain Center Pengganti Rogun

Walau dua pemain asing yang didapatkan dari sistem "draft" tersebut baru saja bermain di Indonesia, kapten SM Arki Dikania Wisnu menganggap mereka bisa membaur dengan tim.

"Tantangannya memang komunikasi. Namun sejauh ini semua masih berjalan baik. Mereka bisa bekerja keras untuk tim," tutur Arki.

IBL musim terbaru mulai berjalan pada 20 Januari sampai Mei 2017 nanti. Pertandingan awal Seri I akan dilaksanakan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kertajaya, Surabaya. Selain Kota Pahlawan, Jakarta, Semarang, Bandung dan Yogyakarta juga akan menggelar IBL dalam format delapan seri itu.

Untuk meningkatkan daya tarik kompetisi, 11 klub yang ikut IBL wajib menggunakan jasa maksimal dua pebola basket asing yang dipilih dengan sistem "draft".

Ke 11 klub yang bermain di IBL 2017 adalah CLS Knights Surabaya, Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta, W88.news Aspac Jakarta, Satria Muda Pertamina, Bank BJB Garuda Bandung, JNE Siliwangi Tigers Bandung, NSH Jakarta, Pacific Caesar Surabaya, Satya Wacana Salatiga, Hang Tuah Sumatera Selatan dan Bima Sakti Yogyakarta.(ant)

Video: Satria Muda Pertamina Umumkan Skuat IBL 2017
 


(RIZ)