Garuda Bandung

Demi Gaet Investor, Garuda Bandung Lakoni Tur Nusantara

Krisna Octavianus    •    06 Oktober 2016 07:00 WIB
basket indonesia
Demi Gaet Investor, Garuda Bandung Lakoni Tur Nusantara
Skuat Garuda Bandung (berdiri-atas) berfoto bersama awak media (Foto: istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim basket Garuda Gandung akan melaksanakan Nusantara Tour 2016 di tiga kota yakni Bandung, Balikpapan dan Samarinda pada bulan Oktober ini. Kepastian tersebut sekaligus menjawab absennya tim basket asal kota kembang ini di ajang Perbasi Cup yang rencananya berlangsung pada akhir bulan nanti.

Dalam acara silahturahmi bersama awak media di Kanawa Coffee, Jakarta pada Selasa 4 Oktober, Garuda yang dilatih oleh Fictor Gideon Roring ini mengatakan bahwa Nusantara Tour merupakan salah satu kegiatan untuk mengisi kekosongan liga dan sekaligus upaya manajemen untuk mencari calon investor baru, berkaitan dengan belum stabilnya neraca keuangan klub selama tiga bulan terakhir.

"Garuda Bandung saat ini masih dalam keadaan yang baik, namun  tidak pungkiri kami memiliki masalah finansial yang harus diselesaikan sebelum liga bergulir. Untuk itu kami melakukan berbagai cara untuk bisa sehat secara finasial, seperti menjual merchandise, VR, kemudian kami bekerjasama dengan Molten untuk penjualan bola dan atribut lainnya secara online. Hal lainnya, kami akan melaksanakan Nusantara Tour, yang jadwalnya sudah kami atur sejak dua bulan lalu," ujar Restaditya Harris, selaku Direktur Keuangan & Administrasi Garuda Bandung.

Lebih lanjut dijelaskannya, Nusantara Tour juga merupakan upaya mendekatkan diri kepada fan Garuda Bandung yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia dan tidak menutup kemungkinan beberapa daerah baik di Jawa dan di luar Jawa akan mereka kunjungi pada kesempatan berikutnya.

Mengomentari absennya Garuda Bandung di Perbasi Cup, Fictor Roring menyikapinya hal ini dengan bijaksana. Kepada awak media, pelatih yang akrab disapa Coach Ito itu menitipkan pesan agar dapat menyuarakan masalah internal Garuda Bandung ini dan harapannya dalam waktu dekat Garuda Bandung segera pulih dalam masalah finansial.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada media yang selalu mendukung kami dalam hal ini lewat pemberitaan di media massa. Saya ingin sampaikan juga rasa kagum dan salut saya kepada para pemain yang menunjukkan komitmen saat kondisi keuangan kami tidak stabil dalam kurun tiga bulan ini. Para pemain tentunya sangat ingin berlaga dan rindu mengikuti turnamen tersebut. Tapi satu sisi kami mengerti bahwa manajemen juga berjuang keras supaya kami bisa mendapatkan suntikan dana baru dan bisa ikut liga musim depan. Salah satu upaya tersebut antara lain dengan Nusantara Tour ini yang sudah manajemen persiapkan dari jauh hari," ungkap Fictor Roring.

Di tengah kesulitan finansial yang melanda tim kebanggaan warga Bandung tersebut, Garuda mendapat kehormatan untuk terlibat dalam gerakan Bhineka Tunggal Ika yang digagas oleh Yayasan Komunitas Indonesia Sejati (YAKINS) dan grup Bhineka Tunggal Ika. Terpilihnya Garuda Bandung mewakili komunitas olahraga sebagai duta Bhinneka Tunggal Ika "Lepaskan Belenggu Perbedaan!" didasari oleh persamaan visi dan misi. Garuda Bandung dinilai sebagai representatif keberagaman SARA bangsa Indonesia.

Ke depannya Garuda Bandung akan menyuarakan harkat martabat bangsa melaui kekuataan dari Bhineka Tunggal Ika baik kepada media dan juga para fans Garuda Bandung lewat media sosial dan saat kegiatan Nusantara Tour seperti pada saat coaching clinic, meet and greet, media visit, dan juga pada kesempatan lainnya.

Bandung merupakan rangkaian kota pertama dalam kegiaatan Nusantara Tour (9 & 10 Oktober). Sedangkan Balikpapan (21 s/d 25) dan Samarinda (25 s/d 31) menjadi kota berikutnya yang disinggahi oleh Galank Gunawan dan rekan-rekan.

 


(KRS)