Upacara Pembukaan PON 2016

19 Atlet Legendaris Meriahkan Pembukaan PON 2016 Jabar

Jaenal Mutakin, Roni Kurniawan    •    17 September 2016 21:12 WIB
pon 2016
19 Atlet Legendaris Meriahkan Pembukaan PON 2016 Jabar
Pesta Kembang Api dan atraksi Videografi mewarnai pembukaan PON XIX 2016 (Foto: Antara/Akbar Nugroho)

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 19 atlet legendaris Indonesia mengawali langkah seluruh kontingen dalam upacara pembukaan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung pada Sabtu 17 September malam. Susi Susanti menjadi salah satu atlet legendaris yang mendapatkan penghormatan mengawali perkenalan para kontigen tersebut.

Upacara pembukaan pesta olahraga empat tahunan tersebut diawali dengan pertunjukan kaya warna pada pukul 19.30 WIB. Tepatnya saat presiden Joko Widodo hadir di GBLA. Letusan kembang api mewarnai langit di kawasan GBLA, Kecamatan Gedebage Kota Bandung.

Usai kembang api memanjakan para penonton, giliran ratusan anak-anak serta remaja memasuki lapangan GBLA dengan membawa gendang yang terbuat dari ember besar. Penampilan mereka pun mendapat tepukan dari para penonton, terlebih kayu yang digunakan untuk menabuh gendang bernyala dengan berbagai warna secara bergantian.

Penonton pun semakin bersorak gembira saat pembawa acara, Farhan. Dengan Mengenakan setelan jas berwarna hitam, Farhan menyapa warga yang berada di dalam Stadion GBLA, sekaligus menyebutkan 19 nama atlet legendaris Indonesia yang hadir di lapangan. Momen itu sekaligus menandai dimulainya para kontingen dari berbagai daerah untuk melakukan Defile.

"Selamat malam warga Bandung, sesaat lagi kita akan menyambut kehadiran Bapak Presiden Jokowi dan sebentar lagi acara akan dimulai," kata Farhan.




Nama atlet bulutangkis Susi Susanti menjadi yang terdepan dikumandangkan oleh pembawa acara. Tepuk tangan pun menyertai Susi yang sedang berjalan di kawasan atletik Stadion GBLA. Bahkan Susi sempat berhenti sejenak untuk memberikan salam tepat berada di depan tribun VVIP, di mana presiden Jokowi serta para pejabat lainnya berada.

Susi pun tak sendiri mendapat kehormatan di acara teraebut, pasalnya sang suami yakni Alan Budi Kusuma pun turut memeriahkan pembukaan PON. Selain itu beberapa atlet asli Jawa Barat pun turut bersama rombongan atlet legendaris termasuk pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman serta legenda hidup Persih Adjat Sudrajat.

Acara pun dilanjutkan perkenalan seluruh kontingen peserta PON XIX yang diawali oleh kontingen dari Aceh. Perkenalan para kontingen pun disambut oleh boneka lala dan lili yang merupakan maskot PON XIX yang diambil dari hewan primata asli Jawa Barat yakni Surili dan Surala.





(FIR)