Asian Para Games 2018

Api Abadi Asian Para Games 2018 Disemayamkan di Kemenpora

Rendy Renuki H    •    30 September 2018 23:46 WIB
asian para gamesberita kemenpora
Api Abadi Asian Para Games 2018 Disemayamkan di Kemenpora
Menpora Imam Nahrawi menerima langsung obor Asian Para Games 2018 dari Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari (Dok. INAPGOC)

Jakarta: Obor Asian Para Games 2018 akhinya tiba di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 30 September sore. Api abadi di obor tersebut selanjutnya akan disemayamkan di Kemenpora hingga nantinya dibawa ke Stadion Utama Gelora Bung Karno saat opening ceremony Asian Para Games, 6 Oktober mendatang.

Ketua Umum Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari serta perwakilan atlet cabor tenpin bowling Dylan Erlangga Abraham yang membawa langsung obor ke Kemenpora. Obor Asian Para Games 2018 sebelumnya diarak keliling Kota Jakarta sejak pukul 06.00 WIB yang memulai start dari gedung Balai Kota DKI Jakarta. 

Menpora Imam Nahrawi selaku Ketua Pelaksana Asian Para Games 2018 menerima langsung obor tersebut di halaman kantornya. Ketua Komite Paralimpik Asia (APC) Majid Rashed pun turut mendampingi Menpora yang secara simbolik menancapkan obor di podium sebagai tanda telah siapnya Jakarta menyelenggarakan Asian Para Games 2018.

Klik: Kontingen Bahrain Jadi Negara Pertama Tiba di Jakarta


"Semoga api ini terus menyala seperti semangat para atlet-atlet kita," ujar Imam Nahrawi. 

Majid Rashed dalam kesempatan pidatonya berterima kasih kepada Indonesia atas kerja kerasnya dalam mempersiapkan segalanya.

"Ini adalah langkah baik membuat sejarah untuk Para Sports. APC sangat bangga dengan semua upaya yang dilakukan Indonesia, khususnya INAPGOC. Terima kasih," ungkapnya.

Rangkaian acara pawai obor telah resmi berakhir setelah mengikuti perjalanan sejak 5 September di Solo, berlanjut ke Ternate, Makassar, Denpasar, Pontianak, Medan, dan Pangkal Pinang, sebelum tiba di Jakarta.

Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari mengungkapkan kebahagiaan dan merasa bangga telah menjadi bagian dari sejarah. Ini membuktikan bahwa Jakarta sudah siap menyambut Asian Para Games 2018 dengan penuh antusiasme.

"Sudah sekitar 1 juta orang berpartisipasi dalam mengkampanyekan perhelatan olahraga para terbesar se-Asia ini. Tanggal 6 kita siap menjadi tuan rumah dan semoga menjadi yang terbaik," tutup Okto.

 


(REN)