INASGOC akan Gelar Test Event Jelang Asian Games 2018

Dheri Agriesta    •    03 Juni 2017 00:58 WIB
asian games 2018
INASGOC akan Gelar Test Event Jelang Asian Games 2018
Ketua INASGOC Erick Tohir. Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan menggelar percobaan event. Percobaan event ini digelar untuk memaksimalkan penyelenggaraan nantinya.

"Test event itu sebenarnya supaya memaksimalkan penyelenggaraan. Misalnya kurang odol, kurang makanan bagus, itu makanya diadakan test event," kata Ketua INASGOC Erick Thohir di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat 2 Juni 2017.

Erick mengatakan, dulu saat Indonesia menjadi penyelenggara Asian Games atau Asean Games diadakan perhelatan untuk anak muda terlebih dulu. Perhelatan ini biasanya menghabiskan uang triliunan rupiah.

Sedangkan, anggaran yang dimiliki INASGOC untuk Asian Games 2018 tak terlalu besar. Pemerintah telah memangkas dana yang sebelumnya diajukan.

"Makanya pakai tes event," jelas Erick.

Percobaan event ini akan digelar dengan melibatkan sepuluh cabang olahraga. Percobaan akan dilakukan secara internasional. Sedangkan untuk cabang olahraga lain akan digelar turnamen dengan skala kejuaran nasional.

Erick belum merinci cabang olahraga apa saja yang dipertandingkan pada percobaan event. Ia juga belum memberi tahu kapan percobaan ini akan digelar.

"Supaya panitia terbiasa juga apa kekurangannya, agar nanti pada saat Asian Games kita maksimalkan penyelenggaraannya," jelas Erick.


(AZF)