Atlet Prima

Masalah Keterlambatan Pembayaran Honor Atlet Prima Sudah Tuntas

Alfa Mandalika    •    14 Juni 2017 07:44 WIB
olahragakemenpora
Masalah Keterlambatan Pembayaran Honor Atlet Prima Sudah Tuntas
Foto: Kemenpora

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pembayaran honor untuk sejumlah atlet PRIMA (Program Indonesia Emas). Kemenpora telah berupaya keras untuk menyelesaikan honor atlet yang tertunda. Kesulitan pengumpulan database menyebabkan terhambatnya proses pengusulan pencairan gaji. 

Masing-masing atlet harus mempunyai rekening bank dan NPWP pribadi. Dalam menyusun data tersebut, dibutuhkan ketelitian yang mampu meminimalisasi kesalahan data. Dengan sistem pembayaran langsung kepada rekening penerima melalui KPPN dapat dipastikan validasi yang dilakukan berlapis dan terintegrasi. Jika dalam 1000 data penerima, lalu ada salah satu  rekening yang salah, secara sistem tertolak. 

Kesalahan yang ditemui dalam proses tersebut di antaranya berupa data rekening ganda, menggunakan rekening orang lain, yang bersangkutan PNS dipastikan sudah terdaftar dengan type supplier 3 (pegawai) apabila diajukan dgn type supplier 6 ( untuk para penerima terlampir) maka secara otomatis tertolak oleh sistem. Lalu, NPWP yang sudah terdaftar di SPAN (Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara) yang berbeda. 
 

Baca: Fitriani Ikuti Jejak Gregoria Melaju ke Babak Kedua


Setelah bekerjasama dengan KPPN III Jakarta Timur, akhirnya gaji NPC (National Paralympic Committe) sebanyak 245 orang di bulan Februari, Maret, April dan Mei 2017 berangsur-angsur dan secara bertahap mula diterima dengan total sebesar Rp 7,884,000,000. Sedangkan untuk gaji atlet dan official bulan April (899) dan Mei  (1063) juga sejak hari Senin tanggal 12 Juni 2017 dan terus berangsur terbayarkan. Diharapkan pada hari Rabu tanggal 14 Juni  2017 terselesaikan semua dengan jumlah total untuk pembayaran bulan April dan Mei sebesar Rp 15,398,500,000.

Baca: Cerita Liliyana Natsir soal Teriakan Suporter dan Candaan soal Tiket

 
Hal ini dimungkinkan karena kerjasama yang sangat baik dengan pihak KPPN 3 Jakarta dalam mewujudkan komitmen pemerintah untuk mendukung prestasi olahraga Indonesia, mengingat di antaranya sejumlah pejabat dan staf Kemenpora diizinkan berkantor langsung di kantor KPPN III sejak hari Kamis minggu yang lalu.

Itulah sebagai wujud terima kasih dan juga untuk memberi dukungan kepada jajaran Kemenpora yang berkantor darurat tapi dengan fasilitas yang cukup, maka Sesmenpora Gatot S Dewabroto telah mendatangi kantor KPPN III dan diterima secara resmi oleh Kepala KPPN III. Dengan adanya sistem dan database yang permanen dan koordinasi yang bagus, maka dipastikan kejadian keterlambatan ini tidak akan berulang di bulan-bulan mendatang. (kemenpora)
 
Video: Tundukkan Pasangan Korsel, Owi/Butet Melaju ke Babak Kedua
 


(ASM)