Wimbledon 2017

Reaksi Kekalahan yang Ditunjukkan Nadal Tuai Pujian

A. Firdaus    •    11 Juli 2017 13:41 WIB
tenis
Reaksi Kekalahan yang Ditunjukkan Nadal Tuai Pujian
Rafael Nadal dengan GIlles Muller berpelukan usai pertandingan (Foto: Wimbledon)

Metrotvnews.com, London: Rafael Nadal secara mengejutkan tersingkir dari turnamen Wimbledon 2017. Ia kalah dari petenis unggulan ke-16, Gilles Muller pada putaran keempat.

Lewat pertarungan lima set dalam durasi lima jam, petenis berusia 34 tahun itu harus merelakan hasil mengecewakan ini. Meski kalah, ada kejadian yang patut dicontoh dari Nadal.

Wajah muram jelas ditunjukkan Nadal, tapi itu tak menyurutkan niatnya untuk bersikap profesional. Ia melakukan apa yang tak dilakukan oleh petenis yang baru saja mengalami kekalahan.

Klik di sini: Ritual Unik Bintang NBA di Lapangan

Nadal yang telah mengantongi 15 gelar grand slam ini tetap berdiri di sisi lapangan dengan perlengkapannya yang menggantung di atas bahunya. Dia tetap menunggu Muller yang berkemas mengumpulkan barang-barangnya sebelum keluar ke lapangan.

Bukan hanya itu, Nadal bahkan sempat meluangkan waktunya untuk memenuhi permintaan beberapa tanda tangan dari fan sebelum dia keluar dari lapangan.

Klik di sini: Isu Pertukaran Pembalap, Sumbu Perselisihan Hamilton-Vettel

Tak ayal, sikap dari Nadal pada saat itu menuai tepuk tangan dan pujian dari para penonton yang hadir. Seakan menjadikannya pemenang dalam laga tersebut. Dia telah menjunjung semangat istilah 'Wimbledon putih',  tidak hanya sebuah warna, tapi sebuah tradisi, ideal, dan juga sejarah.

"Memang benar saya memainkan beberapa pertandingan bagus, tapi saat yang sama juga benar bahwa saya tidak ingin kalah dalam pertandingan itu, jadi sulit untuk dianalisis dengan cara yang positif saat ini," ujar Nadal.

"Saya bermain lebih baik dari tahun-tahun lainnya, benar. Pada saat yang sama saya siap untuk hal-hal penting, jadi saya kehilangan kesempatan," terangnya.

Berikut cuplikan dari sikap Nadal usai tersingkir dari Wimbledon


(ASM)