Jelang Asian Games 2018

Menpora Siapkan Anggaran Khusus untuk 20 Cabor Prioritas

A. Firdaus    •    07 September 2017 07:13 WIB
asian games 2018
Menpora Siapkan Anggaran Khusus untuk 20 Cabor Prioritas
Menpora Imam Nahrawi. (Foto: MI/ Adam Dwi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi tampaknya serius untuk memprioritaskan cabang olahraga unggulan. Ia juga telah mengajukan anggaran yang diperlukan untuk cabor prioritas tersebut.

Menpora menyebut akan ada 20 cabor yang akan diprioritaskan. Salah satu di antaranya adalah dayung yang memang telah terbukti punya prestasi.

"Terobosan yang kami lakukan adalah memprioritaskan cabor unggulan. Kami melihat bawa prioritas pemerintah itu adalah Asian Games dan Olimpiade. Maka kami potret dari potensi dan peluang yang ada. Kami khususkan untuk olahraga yang bisa meraih medali," ujar Menpora Imam Nahrawi.

"Ada 20 cabang olahraga seperti dayung yang peluangnya cukup besar sekali dan sudah terbukti. Kemudian juga tentunya bulu tangkis, panahan, atletik, dan juga renang," terang Imam.

Baca: Bonus Rumah untuk Atlet Berprestasi Baru akan Diusulkan ke Presiden


Terobosan ini akan berbentuk latihan ke luar negeri dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya. Serta pendanaan yang difokuskan lagi untuk cabor pilihan.

"Untuk bentuk prioritasnya bisa berupa try out yang porsinya akan lebih banyak, pendananaanya juga lebih fokus, termasuk ada perlakuan khusus bagi mereka," kata Imam.

Kabarnya, Menpora telah mengajukan anggaran sebesar Rp700 miliar untuk merealisasikan terobosan itu pada 2018. Kini tinggal menunggu persetujuan dari pihak terkait untuk mewujudkannya.

Baca: Nasib 8 Atlet yang Mengajukan Banding ke Dewan Anti-Doping Nasional


"Saya juga harus mohon maaf untuk cabor yang tidak saya sebutkan. Mereka tetap mendapat dukungan dan kita harus sadar dana ini kita gunakan agar tidak mubazir," tuturnya.

Terobosan ini diharapkan bisa menjadi solusi dari permasalahan yang sempat melanda kontingen Indonesia di beberapa multi event seperti Olimpiade dan SEA Games lalu. Sekaligus menambah peluang bagi cabor yang diprioritaskan demi meraih target.

Video: Pemerintah Berencana Beri Rumah untuk Atlet Peraih Emas SEA Games 2017
 


(ASM)