Tour de Singkarak 2018

Tour de Singkarak Ampuh Mengangkat Pamor Sumatera Barat

Kautsar Halim    •    04 November 2018 10:47 WIB
tour de singkarak
Tour de Singkarak Ampuh Mengangkat Pamor Sumatera Barat
Wagub Sumbar Drs. H. Nasrul Abit (Foto: Kautsar/Medcom.id)

Bukittinggi: Tour de Singkarak (TdS) merupakan lomba balap sepeda internasional andalan masyarakat Sumatera Barat. Lewat event ini, kesejahteraan masyarakat mampu terangkat dan nama Indonesia pun makin dikenal.

Hal itu disampaikan langsung oleh Drs. H. Nasrul Abit selaku Wakil Gubernur Sumatera Barat. Ia memaparkan, salah satu buktinya bisa terlihat lewat arus penerbangan yang memasuki wilayahnya sejak 2016. Jumlahnya makin meningkat sejak rutin menggelar TdS.

"Berdasar data terperinci pada 2016, rata-rata arus penerbangan yang masuk ke Sumbar itu mencapai 26 kali sehari. Tapi sekarang (2018), jumlahnya sudah mencapai 57 kali sehari. Perubahannya cukup signifikan," ujar Nasrul kepada wartawan usai menghadiri seremoni pembukaan TdS 2018 di Lapangan Kantin, Bukittinggi, Sabtu (3/11/2018).

Lebih lanjut, Nasrul mengatakan arus penerbangan tersebut belum termasuk data wisatawan yang masuk ke Sumbar terus bertambah. Tak heran, jika saat ini pemerintah Sumbar bisa lebih fokus untuk mengenalkan keindahan alam wilayahnya kepada dunia internasional.

"Kunjungan wisatawan nusantara kami saat ini sudah mencapai 8 juta orang. Kemudian, wisatawan asingnya menyentuh 58 ribu orang. Jadi, target kami saat ini lebih ke luar negeri karena sudah cukup populer di dalam negeri," kata Nasrul.

Kendati demikian, tetap ada proses panjang untuk membuat event TdS semakin berkualitas untuk wisatawan maupun masyarakat setempat. Beberapa di antaranya dengan mempercantik dan menambah destinasi wisata serta memperbaiki infrastruktur jalan demi kemudahan akses.

"Insya Allah, kami akan membangun tugu TdS di sekitar danau Singkarak pada perhelatan yang ke-11 atau ke-12. Upaya menggelar bazaar di tiap lokasi start maupun finis juga tetap didorong agar produk dan budaya masyarakat setempat makin dikenal," tutup Nasrul.

Tour de Singkarak merupakan salah satu ajang balap sepeda tahunan internasional kebanggaan Tanah Air. Perhelatannya melibatkan 16 Kabupaten di Sumatera Barat dan diikuti para peserta dari 26 negara.

Selain ditantang dengan trek berkelok dan menanjak khas wilayah Sumatera Barat, para pembalap juga bakal menikmati panorama berbeda di tiap etape yang dimainkan. Untuk Tds 2018 akan berlangsung pada 4 sampai 11 November.

Eko Yuli Rebut Emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi


 


(FIR)