Jelang Kejuaraan Asia Karate 2016

50 Karateka Nasional Pemusatan Latihan di Makassar

Antara    •    16 November 2016 19:44 WIB
olahragakarate
50 Karateka Nasional Pemusatan Latihan di Makassar
Ilustrasi (Foto: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Makassar: Sebanyak 50 atlet karateka nasional fokus menjalani pemusatan latihan di Makassar sebagai persiapan menghadapi Kejuaraan Asia Karate-Do Federation (AKF) "15th AKF Championship 2016" di Celebes Convention Centre (CCC) Makassar, Sulawesi Selatan, 25-27 November 2016.

Wakil Ketua Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (Forki) Sulsel, Musakkir di Makassar Rabu 16 November 2016, mengatakan puluhan atlet itu merupakan gabungan dari tim inti dan cadangan.

"Sebanyak 50 atlet timnas Indonesia sudah datang ditambah cadangan. Para atlet terus fokus berlatih mulai pagi, siang dan sore untuk lebih meningkatkan kualitasnya," ujar Musakkir.

Baca juga: Ambisi Rafael Nadal Sebelum Ganteng Raket

Ia menjelaskan, kehadiran karateka timnas yang berlatih di Dojo Inkanas yang berlokasi di Kompleks PDAM Makassar itu sebagai upaya untuk semakin menjaga persaingan dalam meraih prestasi terbaik.

Atlet yang berlaga di ajang internasional itu juga berasal dari berbagai daerah dan perguruan. Para karateka itu terpilih memperkuat timnas setelah melalui seleksi ketat di berbagai kejuaraan nasional.

Pelatih karate timnas dan Sulsel, Mursalim Badoo sebelumnya menyatakan sebanyak sembilan karateka asal Sulawesi Selatan terpilih memperkuat timnas Indonesia pada ajang tersebut.

Sembilan karateka itu di antaranya Muhammad Arsyal (kumite 52 kg putra), Andi Jernih (kumite 47 kg putri), Ardinan (kumite 52 kg putra), Afdal Kalam yang turun di kumite 70 kg putra.

Selanjutnya Nurizka (kata perorangan putri), Krisda Putri, Nurizka dan Nadia (kata beregu putri), Muh Caesar dan Firdayanti yang masing-masing tampil di kumite kategori U-21.

Mengenai peluang atlet timnas termasuk karateka Sulsel dalam meraih medali di ajang tersebut, dirinya mengaku optimistis. Apalagi beberapa atlet di antaranya telah memiliki pengalaman tampil di ajang internasional sehingga bisa menjadi modal saat pertandingan nanti.

"Peluang kita tentu ada termasuk dari nomor kata beregu putri. Namun tentunya harus lebih bekerja keras karena lawan yang dihadapi tentu lebih sulit," ujarnya.(ant)

Video: Ketum PSSI Temui Skuat Timnas di Hotel
 


(RIZ)