Jelang Asian Games 2018

Hari Ini, PB IKASI Umumkan 24 Atlet Anggar untuk Asian Games 2018

A. Firdaus    •    07 Februari 2018 10:17 WIB
asian games 2018
Hari Ini, PB IKASI Umumkan 24 Atlet Anggar untuk Asian Games 2018
Ilustrasi (Foto: Antara/M Agung Rajas)

Samarinda: Persiapan Asian Games 2019 terus digeber Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi). Salah satunya dengan melakukan seleksi nasional di Gedung Anggar Polder Air Hitam, Samarinda.

Usia melakukan Seleknas, rencananya IKASI akan membeberkan 24 atlet anggar yang akan masuk ke pemusatan latihan. Mereka akan mengumumkannya hari ini, atau tepat sehari setelah seleknas berakhir.

Sebanyak 24 atlet yang terpilih, menurut Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Ikasi Muslimin menyebut kalau hasil pengumuman tersebut berdasarkan dua tes yang dilakukan PB. Yaitu tes fisik dan ujian teknik.

Klik di sini: Jadwal Wakil Indonesia di Badminton Asia Team Championships Hari Ini

"Komposisi penilaiannya adalah untuk tes fisik 60 persen dan 40 persen lainnya merupakan penilaian teknik," jelas Musilimin.

Kegiatan tes fisik telah dilaksanakan pada Senin 4 Februari di lintasan atletik Stadion Madya Sempaja Samarinda, dengan materi ketahanan dan kecepatan melalui tes lari sebanyak enam kali putaran lintasan standar atletik atau 2,4 kilometer dengan waktu yang telah ditentukan.

Sedangkan ujian teknik atau kemampuan atlet dilaksanakan Selasa dengan menggelar pertandingan sesama atlet untuk tiap kelasnya.

"Masing-masing atlet kami beri jadwal untuk bertanding sebanyak enam kali atau kompetisi berputar di setiap kelasnya," kata Muslimin, yang juga Ketua Pengprov Ikasi Kaltim.

Klik di sini: Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik Bergulir pada 2019

Jumlah atlet yang mengikuti seleknas sebanyak 41 orang dari berbagai daerah dan PB Ikasi rencananya hanya menjaring 24 atlet (12 putra dan 12 putri) yang akan mengikuti pelatnas Asian Games 2018.

"Kami akan mengambil atlet yang lolos sampai empat besar untuk masing-masing kelasnya dari seleknas ini, terdiri dari empat atlet nomor degen, empat floret dan empat sabel masing-masing di kelompok putra dan putri. Jadi, total diambil 24 atlet," tutupnya. (Ant)

Kesiapan Wisma Atlet Kemayoran Sudah 99%



(FIR)