Siman Sudartawa Incar Medali di 50 Meter Gaya Punggung

Gregah Nurikhsani Estuning    •    02 Februari 2018 16:44 WIB
renang
Siman Sudartawa Incar Medali di 50 Meter Gaya Punggung
Siman Sudartawa. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta: Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa kemungkinan bakal terjun di dua nomor pada Asian Games 2018 mendatang. Ia mengaku kans untuk meraih medali emas 50 meter gaya punggung cukup besar.

Satu nomor lainnya yang akan diikuti Siman adalah 100 meter gaya punggung. Untuk memantapkan diri sebelum benar-benar bertarung di Asian Games, Siman dan peserta TC lainnya bakal digeber di Australia dan Amerika Serikat.

Ketika ditanya mengapa harus di luar negeri dan dihelat di dua negara, atlet berusia 23 tahun yang pada tanggal 17 Januari silam diangkat sebagai PNS itu menjelaskan bahwa ada fokus tertentu. TC Australia diungkapnya untuk memantapkan endurance, sementara di Amerika Serikat fokus pada finishing dan sprint.

"Khusus di Australia, kami latihan untuk membangun daya tahan. Sementara di Amerika kami fokus untuk finishing, karena pelatih di sana khusus sprinter sedangkan Australia khusus melatih dasar dan daya tahan," terangnya kepada medcom.id.
 

Klik: Renang Jadi Ladang Medali untuk Indonesia, Siman Tak Terbebani


Diharapkan, TC di luar negeri mampu memperlihatkan hasil maksimal di Asian Games, di mana Siman kemungkinan besar bakal diturunkan di dua nomor. Peraih emas SEA Games 2017 silam merasa 'pede' bisa menggondol medali di cabang renang, khususnya nomor 50 gaya punggung yang memang menjadi spesialisasinya.

"Mungkin saya di dua nomor, 50 dan 100 meter gaya punggung. Tapi, kans medali ada di 50 meter," sambungnya.

"Contoh di Asian Games 2014 lalu, saya juga target bisa meraih medali, tapi gagal dan hanya finis di nomor 4. Makanya untuk Asian Games 2018 kami tetap punya target medali," tambah perenang kelahiran Klungkung itu.

Menurut keterangan Siman, ada 16 atlet yang sudah dipersiapkan di cabang renang. Hanya saja, yang diberangkatkan pada TC di Australia dan Amerika Serikat hanya 3-4 perenang.

Video: Kontingen Rusia Tiba di Korea Selatan
 


(ACF)