Ribuan Peserta Antusias Ikuti Sepeda Nusantara 2018

Gervin Nathaniel Purba    •    01 Oktober 2018 12:33 WIB
berita kemenpora
Ribuan Peserta Antusias Ikuti Sepeda Nusantara 2018
?Ribuan Peserta Antusias Ikuti Sepeda Nusantara 2018. (Foto: Dok. Kemenpora)

Tabanan: Masyarakat antusias menyambut Sepeda Nusantara 2018 yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Saking membeludaknya peserta, panitia sampai menambah jumlah kupon.

"Awal kami hanya cetak 1.500 kupon. Pada hari ketiga, kupon sudah habis dan kami cetak lagi 1.000. Hingga saat ini, peserta yang ikut sampai 2.000 lebih," kata Ketua panita penyelenggara I Dewa Budi Antara , dalam keterangan tertulis, Senin, 1 Oktober 2018.

Hal senada diungkapkan Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) I Gusti Putu Raka Paraiana. Dia senang peserta Sepeda Nusantara 2018 diikuti dari berbagai kalangan. Ada yang anak-anak, sampai sudah ada yang lanjut usia. "Kita lihat, kakek-kakek pun begitu semangat," kata Raka mengungkapkan.

Kegiatan ini bukan hanya bermanfaat dari sisi kesehatan saja, namun juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah setempat. Untuk itu, Sepeda Nusantara diharapkan selalu diadakan setiap tahunnya.

"Kalau kita lihat acara launching saja di Jakarta sampai macet dan sekarang ini, di setiap kota yang menyelenggarakan sampai membeludak. Dukungan dari pihak swasta juga luar biasa. Ini artinya ekonomi juga bergerak. Olahraga ini bukan hanya sehat, tapi juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Ini efek domino yang diharapkan dari olahraga bersepeda," ujar Raka.

Sepeda Nusantara 2018 merupakan kegiatan Kemenpora yang bertujuan untuk mendorong minat masyarakat terhadap olahraga bersepeda untuk meningkatkan kecintaan terhadap olahraga sebagai bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). 

Rute sepeda nusantara 2018 di Tabanan yang berjarak 17 km ini melewati Jalan Pahalwan - Jalan Gajah Mada Tabanan - Belok kanan Jalan Kaswari - Jalan Gunug Agung - Terminal Tuakilang - Celagi - Desa Buahan - Bakisan - Den Bantas, dan terakhir kembali finis di TMP.

Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda Kemenpora I Gusti Putu Raka Paraiana melepas peserta Sepeda Nusantara 2018 yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta (TMP), Tabanan, Bali, Minggu, 30 September 2018.


(ROS)