Jelang Asian Games 2018

Keseimbangan Promosi Asian Games dan Asian Para Games

Rendy Renuki H    •    12 Mei 2018 10:35 WIB
asian games 2018
Keseimbangan Promosi Asian Games dan Asian Para Games
Logo Asian Games 2018 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menginginkan adanya keseimbangan promosi antara Asian Games 2018 dan Asia Para Games 2018. Pasalnya, pesta olahraga se-Asia itu memang menjadi satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan.

Sejak digelar pertama kali di Guangzhou 2010 lalu, gaung promosi Asia Para Games memang kerap disandingkan dengan Asia Games. Untuk itu, Kemenpora ingin hal yang sama juga diterapkan di Indonesia agar promosi keduanya berjalan lancar.

Agar nantinya Asian Para Games yang dikhususkan bagi atlet difabel tidak terkesan dinomor-duakan. Apalagi sejumlah atlet difabet Indonesia memiliki prestasi yang cukup bagus seperti Jendi Panggabean (atlet renang) dan Ni Nengah Widiasih (atlet angkat berat).

Klik: Imam Nahrawi Pimpin Acara Pelepasan Siswa Diklat SKO Ragunan


"Nanti jangan sampai kita fokus ke Asian Games tapi lupa Asian Para Games-nya. Makanya kami juga cantumkan dorongan kepada Kementerian dan Lembaga untuk melakukan penyeimbangan promosi antara Asian Games dan Asian Para Games. Seperti di Tokyo, mereka brandingnya pasti ada Asian Games 2020 dan Asian Para Games 2020," ujar Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Jumat (11/5) lalu.

"Kan kalau baru bulan Juli kita heboh Asian Para Games enggak lucu. Saya yakin pak Menteri pasti setuju. Surat perintah pun merujuk sesuai arahan Ibu Puan Maharani (Menko PMK) yang mewajibkan Kementerian dan Lembaga untuk mempromosikan Asian Games dan sudah terbukti di banyak kementerian sudah ada," sambung pria yang juga menjabat Wakil Presiden II Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC).

Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018 pada Agustus hingga Oktober mendatang. Asian Games 2018 Jakarta-Palembang akan digelar 18 Agustus hingga 2 September, sementara Asian Para Games 2018 pada 6 hingga 13 Oktober.

 


(REN)