Tantangan Tersendiri di Jalur Rhino X-Tri

Rendy Renuki H    •    23 September 2017 10:14 WIB
triathlon
Tantangan Tersendiri di Jalur Rhino X-Tri
Suasana balap sepeda Mountain Bike Cross Country Marathon yang digelar hari ini, Sabtu (23/9) siang (Istimewa)

Metrotvnews.com, Pandeglang: Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri) menjadi ajang triathlon pertama di Indonesia yang digelar di medan offroad. Ajang yang melombakan tiga cabang olahraga sekaligus ini pun memiliki jalur yang memiliki tantangan tersendiri, terutama di nomor balap sepeda.

Rhino X-Tri yang diadakan di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, memiliki jalur tak seperti umumnya yang melalui trek aspal serta beberapa jalur tanjakan. Para peserta disuguhkan jalur dengan kontur jalan bebatuan karang, pasir yang cukup datar.

Namun, Race Director Rhino X-Tri, Taufik Hidayat, mengatakan jalur datar itulah yang menjadi tantangan tersendiri. Sebab, para peserta justru ditantang fisiknya secara penuh di jalur yang cenderung rata tersebut.

(Baca: Rhino X-Tri Jadi Pemanasan Asian Games 2018)


"Meski kontur lintasan cenderung flat, tapi itu jadi tantangan tersendiri bagi peserta nantinya. Pasalnya, peserta tidak memiliki waktu recovery di lintasan," ujar Taufik saat technical meeting, Jumat (22/9/2017).

"Kalau di lintasan yang terdapat perbukitan, peserta biasanya bisa recovery saat jalur menurun untuk berhenti mengayuh sepeda. Tantangan lain yakni karakter tanah lintasan yang bervariasi, mulai dari pasir pantai, karang, tanah keras, yang berisiko ban sepeda bisa bocor di tengah jalan," sambungnya.

Selain menggelar ajang utama Rhino X-Tri, pihak panitia juga mengadakan ajang balap sepeda Mountain Bike Cross Country Marathon dan balap lari Sunset Trail Run yang juga merupakan bagian dari acara Festival Pesona Tanjung Lesung 2017 dan di gelar hari ini.

Video: Ali Adrian Menatap Seri ke-8 WSS 300
 


(REN)