MTB XC Race 2017, Ajang Persiapan Atlet Sepeda ke Asian Games

Rendy Renuki H    •    14 Mei 2017 10:08 WIB
balap sepeda
MTB XC Race 2017, Ajang Persiapan Atlet Sepeda ke Asian Games
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto (jedua dari kiri) membuka kejuaraan balap sepeda MTB XC Race 2017 (istimewa)

Metrotvnews.com, Tangerang: Kejuaraan balap sepeda  MTB XC Race 2017 di Cihuni Hill, Serpong, Tangerang mendapat animo besar dari para atlet sepeda cross country. Pasalnya, ajang ini sekaligus menjadi persiapan untuk berbagai ajang seperti Pekan Olahraga Daerah (PORDA) 2018, Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, sekaligus ajang internasional Asian Games 2018.

Seperti atlet nasional Zaenal Fanani yang turun pada kejuaraan ini di nomor men elite. Pembalap dari tim Thrill Factory itu finis terdepan dengan mencatatkan waktu 1 jam 38 menit 05,58 detik.

Sementara, posisi dua dan tiga kategori ini ditempati Rafika M. Farisi (TRB Bandung) dan rekan setim Fanani, Taufik Walhidayah. Sugianto (NCC, PVR, HSU, Focus Indonesia) dan Tommy Hidayah (Budi luhur, 69ers, Rudi Bike, Foco, Bolo 1000) melengkapi podium empat dan lima pada kategori paling bergengsi ini.

(Baca: Tumbangkan Djokovic, Nadal Tembus Final di 'Rumah')


Sekretaris Meteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto pun turut membuka kejuaraan ini. Ia mengatakan kejuaraan balap sepeda cabang MTB yang digelar Universita Budi Luhur bisa menelurkan atlet nasional lain untuk membela Merah-Putih.

"Atlet yang ikut di turnamen ini dapat mewakili Indonesia di cabang MTB yang masuk cabang olahraga Asian Games nanti. Semoga UBL dapat terus menyelenggarakan event tahunan ini yang tentunya tidak hanya di level nasional,  tetapi sampai tingkat internasional,” kata Gatot S Dewa Broto.

Lintasan yang berat dan nyaris tanpa tempat untuk recovery membuat banyak rider harus berjuang keras untuk bisa mencapai finish. Tak hanya melombakan kelas master dan elite, kejuaraan ini juga melombakan kelas junior untuk menjaring bakat baru.

Video: Jelang Piala Sudirman 2017, PBSI Gelar Simulasi Pertandingan
 


(REN)