Seremoni Penutupan SEA Games 2017

Pesta Kembang Api dan Konser Musik Menutup SEA Games 2017 Malaysia

Kautsar Halim    •    30 Agustus 2017 23:49 WIB
sea games 2017
Pesta Kembang Api dan Konser Musik Menutup SEA Games 2017 Malaysia
Suasana penutupan SEA Games 2017, Malaysia. (Foto: MTVN/Kautsar Halim)

Metrotvnews.com.com, Kuala Lumpur: SEA Games 2017 Malaysia resmi ditutup di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada Rabu 30 Agustus malam waktu setempat. Perjuangan ribuan atlet dari 11 negara peserta akhirnya dinyatakan selesai.

Berbeda dengan upacara pembukaan yang diramaikan berbagai acara formal dan aksi tarian, jalannya upacara penutupan SEA Games 2017 malah terpantau lebih santai, cair dan lebih bisa diterima pengunjung yang datang.

Stadion Bukit Jalil yang berkapasitas 87 ribu penonton nyaris penuh dalam upacara penutupan ini. Hanya beberapa sektor tribun saja yang sengaja dikosongkan demi menjaga keamanan dan kelancaran jalannya seremoni.
 

Baca: Tak Berkutik di Posisi Lima, Indonesia Gagal Capai Target


Persembahan koreografi dan berbagai tarian tetap ada dalam upacara penutupan ini. Namun, porsinya sudah dikurangi dan digantikan dengan konser musik dari para artis domestik yang membawakan lagu-lagu terpopuler dan juga soundtrack SEA Games 2017. 
 
Puluhan ribu penonton yang memadati stadion dipastikan ikut bernyanyi dan bergoyang ketika para artis idolanya mendendangkan lagu-lagu kesukaan mereka. Lagu itu terdengar kental dengan irama melayu, pop, serta slow rock yang menjadi ciri khas Malaysia.


(Suasana penutupan SEA Games 2017, Malaysia. Foto: MTVN/Kautsar Halim)

Beberapa artis yang memeriahkan upacara penutupan ini juga pernah nge-top di Indonesia. Pasalnya, ada Amy Search yang membawakan lagu Isabella dan Siti Nurhaliza yang menyanyikan lagu Cindai. 

Untuk menambah syahdunya suasana, stadion bukit jalil juga disorot dengan teknologi lampu dan sinar laser yang canggih. Seisi stadion dengan mudah dibuat berwarna-warna beriringan dengan irama musik yang menggema.

Sebelum para pengunjung dimanjakan dengan pagelaran musik, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin sempat diberikan trofi oleh  Presiden SEA Games. Trofi itu diberikan sebagai apresiasi kesuksesan pemerintah Malaysia menjadi tuan rumah. 
 

Baca juga: Kontingen Ski Air dan Wakeboard Indonesia Pecahkan Rekor SEA Games


Selain itu, tidak lupa digelar juga sesi pemadaman obor dan penurunan bendera SEA Games 2017. Sesi tersebut dilanjutkan dengan penyerahan bendera SEA Games kepada wakil Filipina yang bakal menjadi tuan SEA Games 2019.


(Pengibaran bendera Filipina yang akan jadi tuan rumah SEA Games 2019. Foto: MTVN/Kautsar Halim)

Menjelang akhir seremoni penutupan SEA Games 2017 suasana semakin heboh. Pasalnya, Perdana Menteri Malaysia mengumumkan bahwa waktu telah berganti hari dan menunjukkan tanggal 31 Agustus yang merupakan Hari Kemerdekaan Malaysia.

Pesta kembang api langsung dilakukan seiring berakhirnya pidato singkat perdana menteri tentang esensi kemerdekaan Malaysia.

Video: ?Cabor Loncat Indah Raih Medali di Hari Terakhir SEA Games



(ACF)