Balap Lari

Jakarta Kungfu Run 2017, Lawan Kanker dengan Berlari

Rendy Renuki H    •    20 Agustus 2017 16:00 WIB
olahraga
Jakarta Kungfu Run 2017, Lawan Kanker dengan Berlari
Suasana ajang lari 5K Jakarta Kungfu Run 2017 (Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 1.500 pelari mengikuti ajang Jakarta Kungfu Run 2017 yang berjarak lima kilometer (5K) di Ex Golf Drive Range, Senayan, Minggu 20 Agustus. Ajang lari yang digagas Damoci (Daan Mogot City) menggandeng Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) mengajak masyarakat melawan penyakit kanker dengan berlari dan bela diri kungfu.

Berdasarkan data YKAKI, peningkatan kanker cukup pesat dengan kenaikan 70 persen dalam dua tahun terakhir. Khususnya pada penyakit leukimia yang mayoritas menyerang anak-anak.

"Saat ini, Leukemia (kanker darah) merupakan salah satu jenis kanker yang datanya cukup banyak. Leukemia merupakan kasus kanker yang tertinggi pada anak-anak. Umumnya, leukemia ini terjadi karena lemahnya penanganan," kata Rini D Anggraini, perwakilan dari YKAKI.

(Baca: Menpora "Kecolongan" Waria Saat Jumpa Suporter di Stadion Selayang)


Tema kungfu sendiri diambil karena bela diri Tiongkok ini bukan hanya menekankan pada keselamatan diri. Selain untuk kesehatan, Kungfu juga bisa ditujukan untuk pembentukan karakter. 

"Kungfu bukan olahraga bela diri untuk bertarung saja. Dalam Kungfu itu ada dua hal yang mengajarkan karakter dan kesabaran. Kita juga ingin mengajak orang hidup sehat dengan berlari," ujar Francisca Widjaja, Marcom Damoci.

"Lari itu sudah mulai menjadi gaya hidup. Orang olahraga dulu cuma ikut-ikut saja, tapi kita lihat sekarang selalu ramai. Apalagi sekarang nomor 5K bukan hal sulit. Mereka yang hobi lari, 5K itu sih kecil, cuma cari keringat istilahnya," sambungnya.

Hasil donasi dari tiap peserta seberas Rp20.000 dari kegiatan lari ini pun akan disalurkan ke YKAKI. Ira Soelistyo, pendiri dan Ketua YKAKI berharap anak-anak penderita kanker dapat terbantu dari kegiatan ini.

"Berapa pun nilainya akan sangat berharga bagi kami," ungkap Ira.

Video: Indonesia Masih Terpaku di Peringkat 4 SEA Games 2017
 


(REN)