AFF Futsal 2018

AFF Futsal 2018: Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia Finis di Peringkat Tiga

Ahmad Mustaqim    •    11 November 2018 14:30 WIB
Piala Aff Futsal
AFF Futsal 2018: Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia Finis di Peringkat Tiga
Pelatih timnas futsal Indonesia Kensuke Takahashi (Foto:: Ahmad Mustaqim/Medcom.id)

Sleman: Tim nasional futsal Indonesia finis di peringkat ketiga Piala AFF Futsal 2018. Kepastian itu diraih setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-1 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Minggu, 11 November 2018.

Meski begitu, Vietnam sempat unggul lebih dulu melalui gol Dang Anh Tai. Ia memanfaatkan situasi bola mati untuk menjebol gawang Indonesia.

Tuan rumah baru bisa menyamakan kedudukan pada menit 17 lewat akselerasi Bambang Bayu Saptaji di sisi kanan pertahanan Vietnam. Aksi itu diakhiri dengan baik oleh Andrew dengan baik.

Indonesia bahkan mampu unggul 2-1 pada babak kedua, tepatnya menit ke-26 ketika serangan balik yang dimotori Ardiansyah Runtuboy dimanfaatkan dengan baik oleh Subhan Faidasa.

Skuat asuhan Kensuke Takahashi ini akhirnya menegaskan keunggulan menjadi 3-1, setelah Bayu berhasil memanfaatkan sebuag set piece untuk mencocor bola ke di sudut kiri atas gawang Vietnam.

Sempat kebobolan lebih dulu, Kensuke menilai permainan Timnas Futsal Indonesia dianggap sudah menunjukkan perkembangan bagus dengan pencapaian itu.

"Hari ini futsal Indonesia sudah berkembang. Ini berkat kerja sama petinggi klub, manajemen, dan tim," kata Kensuke seusai pertandingan.

Menurut pelatih asal Jepang itu, keberhasilan Indonesia mengalahkan Vietnam karena konsentrasi pertahanan yang baik. Meskipun, pertandingan memang berjalan dengan berat.

"Memang defence kami belum sepenuhnya baik tapi sudah ada perkembangan. Kami bermain dengan sabar pada pertahanan dan menjaga agar tak kehilangan fokus. Kami bertahan secara tim," katanya.

Kalah dari Singapura, Timnas Harus Maksimalkan Laga Sisa



(FIR)