Asian Games 2018

Kunjungi Atlet Pelatnas, Menko PMK Cerita soal Kejayaan Indonesia di Asian Games 1962

Ahmad Mustaqim    •    03 April 2018 20:54 WIB
asian games 2018
Kunjungi Atlet Pelatnas, Menko PMK Cerita soal Kejayaan Indonesia di Asian Games 1962
Menko PMK Puan Maharani saat menemui atlet pelatnas untuk Asian Games di Komplek Stadion Mandala Krida Yogyakarta. (medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Yogyakarta: Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menemui para atlet yang sedang menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Yogyakarta, Selasa 3 April 2018. Cabang olahraga yang menggelar Pelatnas di Yogyakarta di antaranya panjat tebing, rugby, dan sepeda BMX. 

Dalam pertemuan yang dilakukan di Kompleks Mandala Krida Yogyakarta itu, Menteri Puan mengingatkan peran Indonesia yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games 1962. Saat itu, kata Puan, Indonesia keluar sebagai juara umum. 

"Waktu saya nonton film-film Asian Games 1962, betapa bangganya karena waktu itu Indonesia menjadi juara umum," kata Menteri Puan di hadapan para atlet dan pelatih.
 

Baca: INASGOC Kirim Orang Studi Banding ke Commonwealth Games 2018


Puan menyatakan harapannya kesuksesan tahun tersebut akan terulang pada tahun 2018. Terlebih, kesempatan menjadi tuan rumah Asian Games baru datang setelah melewati masa 56 tahun. 

Indonesia sebagai tuan rumah harus bisa menunjukkan prestasi. Menurutnya, patut disayangkan jika Indonesia gagal memanfaatkan peluang mengukir prestasi sebagai tuan rumah. 

"Tentu saja sebagai bangsa Indonesia harusnya kita bersedih jika tak bisa meraih hasil maksimal," katanya," katanya.
 

Baca juga: Erick Thohir Pastikan Drone tak Boleh di Asian Games


Untuk itu, Puan berharap para atlet bekerja keras selama pelatnas dan saat bertanding nanti. Sebab, kesuksesan menjadi juara umum sekaligus sebagai tuan rumah akan menunjukkan Indonesia hebat. 

"Adik-adik sekalian yang bisa menunjukkan bahwasanya Indonesia itu hebat, Indonesia itu mampu. Tidak hanya sukses penyelanggaraan, tetapi yang paling penting adalah sukses prestasi," ucapnya. 

Dalam kunjungannya tersebut, Menko Puan juga didampingi Ketua Kontingen Asian Games 2018, Komisarus Jenderal M Syafruddin serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Menko Puan dan rombongan juga sempat memantau sesi latihan pelatnas panjat tebing yang berada di sisi selatan kompleks Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Kemenkes Berikan 25 Ambulans untuk Asian Games 2018




(ACF)