Junior Artistic Gymanstic Asian Championships 2018

Indonesia Siap Gelar Kejuaraan Senam Artistik Asia

Krisna Octavianus    •    18 April 2018 19:43 WIB
asian games 2018
Indonesia Siap Gelar Kejuaraan Senam Artistik Asia
Dari kiri: Ilya Avianti (Ketum Persani), Ita Yulianti (Competition manager), dan Murdasih (pelatih tim Indonesia). (Foto: medcom.id/Krisna Octavianus)

Jakarta: Indonesia akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Senam Artistik Asia yang bertajuk Junior Artistic Gymanstic Asian Championships (JAGAC) 2018. Ini sekaligus sebagai test event cabang olahraga senam untuk Asian Games 2018.

Sebanyak 20 negara dipastikan akan mengikuti ajang yang masuk kalender Asian Gymnastic Union (AGU) ini. Sebagai informasi, ajang JAGAC juga sebagai ajang kualifikasi untuk Youth Olympic di Argentina pada Oktober 2018.

"Kami sangat antusias karena turnamen internasional junior digelar di Indonesia sehingga para pesenam Indonesia bisa melihat secara langsung kompetensi para pesaing dari negara lainnya di tingkat Asia," ujar Ilya Avianti, Ketua Umum Persatuan Senam Indonesia (Persani).
 

Baca: Kemenpora Lepas Dua Atlet Angkat Besi ke Uzbekistan


Dia menambahkan, kejuaraan ini merupakan single event gymnastics internasional pertama di Indonesia. JAGAC juga menjadi test event untuk menilai dan mengevaluasi kesiapan panitia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

"Cabang olahraga gymnastics belum banyak dikenal masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi dan edukasi sehingga gymnastics lebih dikenal secara luas. Diharapkan nantinya saat Asian Games, masyarakat untuk menyaksikan pertandingan gymnastics akan meningkat," sambungnya.

Negara yang sudah memastikan keikutsertaan adalah Jepang, Bangladesh, Tiongkok, India, Indonesia, Iran, Irak, Kazakhstan, Korea Selatan, Malaysia, Mongolia, Filipina, Qatar, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Thailand, Taiwan, Uzbekistan, dan Vietnam. JAGAC akan berlangsung pada 25-28 April di Istora Senayan.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga?

Video: ?Jelang Asian Games, Delapan Atlet Skateboard Indonesia akan Try Out ke AS



(ACF)