?PON 2016 Cabang Layar

Cabor Layar Libur, Pantai Balongan Indramayu Sepi

Ahmad Rofahan    •    24 September 2016 17:47 WIB
pon 2016
Cabor Layar Libur, Pantai Balongan Indramayu Sepi
Suasana pantai Balongan yang sepi pengunjung pada Sabtu 24 September (MTVN/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Indramayu: Setelah menempuh race kedelapan, Jumat 23 September lalu0, panitia pertandingan cabang olah raga (cabor) layar di Pantai Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, memutuskan untuk meliburkan pertandingan selama sehari. Sehingga pada hari ini, Sabtu 24 September, tidak ada pertandingan yang digelar di cabor layar.

“Sesuai kesepakatan, hari ini kita spare day. Seluruh kegiatan lomba kita liburkan satu hari,” tutur Ketua Panitia Pertandingan, Jambak, dalam rilis Media Center PON Indramayu yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (24/09/2016).

Pertandingan akan dilanjutkan pada hari Minggu besok dengan menurunkan kelas atau nomor Marathon Hobbie 16, Fireball dan International 470. Pada hari yang sama, langsung akan ada pengalungan tiga medali untuk tiga nomor tersebut.

Sedang yang kelas seri, baru dilanjutkan pada hari Senin pekan depan. Seluruh atlet tinggal menyisakan 4 race, yakni race ke 9 sampai 12. Targetnya Selasa seluruh race sudah selesai dan langsung pengalungan medali untuk para pemenang.

(Baca: Jabar Berhasil Kawinkan Emas di Cabang Bulutangkis Beregu)

Karena tidak ada pertandingan, Pantai Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, terlihat sepi sejak pagi hingga siang ini. Pantai yang biasanya ramai dipenuhi perahu layar atlet, kini sepi.

Perahu-perahu juri dan panitia juga disandarkan di dermaga. Pantai juga dibebaskan dari aktifitas wisata warga. Sejak Sabtu pagi hingga siang, lebih banyak diisi anak-anak sekolah yang berlibur dengan pengawasan para gurunya ke Pantai Balongan.

Para atlet layar memanfaatkan libur sehari untuk beristirahat total, memilih tidur di dalam hotel masing-masing. Ada juga yang memanfaatkan dengan berkeliling Kota Indramayu atau mengisi liburan ke Kota Cirebon yang hanya berjarak 50 kilometer atau satu jam perjalanan.

Di perairan Pantai Balongan, hanya ada sejumlah atlet layar dari Jawa Timur di kelas Optimis, yang memilih mengisi liburan dengan berlatih. Para official dan panitia pertandingan, juga memilih mengisi libur dengan tidak datang ke Pantai Balongan.

“Kalau spare day (libur sehari), biasanya kita memilih beristirahat total. Ada yang di hotel, atau jalan-jalan mengenal daerah yang menjadi tempat pertandingan,” tutur Ketua Panitia Pertandingan, Jambak.

Pertandingan, rencananya akan kembali dilanjutkan pada hari Minggu besok mulai siang hingga sore. Jadwal pertandingan besok, diisi nomor Marathon di kelas International 470, Fireball dan Hobbie 16 yang diisi para atlet layar senior.

“Besok ada tiga emas yang diperebutkan di nomor marathon. Setelah ditentukan pemenang, langsung ada pengalungan emas,” tutur Jambak.

Untuk 19 nomor seri, baru akan dilanjutkan pada hari Senin dan Selasa pekan depan. Dari 12 race, masih ada 4 race tersisa yang belum ditempuh para atlet.

Video: Tim Basket Jatim Tundukkan Jabar 77-70

 


(REN)