11 Negara Ikuti Turnamen Golf Menpora Cup 2018

Rendy Renuki H    •    23 Oktober 2018 21:12 WIB
olahraga
11 Negara Ikuti Turnamen Golf Menpora Cup 2018
Jumpa pers turnamen golf Menpora Cup 2018 (Medcom/Rendy Renuki H)

Jakarta: Sebanyak 11 negara termasuk Indonesia akan mengikuti turnamen golf Menpora Cup 2018 yang digelar lapangan Golf Emeralda, Cibinong, Jawa Barat, 25-27 Oktober. Keikutsertaan peserta dari luar negeri ini merupakan pertama kalinya sejak turnamen ini digelar sejak 2016.

Peserta yang ikut pun sejauh ini sudah terkonfirmasi sebanyak 144 pegolf. Termasuk 11 pegolf Tanah Air yang terdiri dari enam putra dan lima putri yang akan bertanding.

"Nantinya hanya ada 36 pegolf yang bisa lolos ke partai final. Kami juga akan mendatangkan pegolf Indonesia yang mengikuti Asian Games 2018," kata Ketua Perkumpulan Akedemi Golf Indonesia (PAGI) Mudjo Suwarno di Kantor Kemenpora, Selasa 23 Oktober.

Turnamen kelompok usia muda ini pun akan memperebutkan hadiah berupa pembinaan mengikuti turnamen internasional. Para pegolf yang menang akan dikirim ke turnamen di Jepang, Korea Selatan, atau Australia.

"Turnamen yang kami pilih untuk enam pegolf terbaik pastinya memiliki bobot penilaian kategori A oleh Badan Dunia Golf Amatir (WAGR)," terang Mudjo.

Sementara, Deputi III Kemenpora Raden Isnanta berharap ada pegolf unggul yang lahir dari Piala Menpora. Sejatinya, Indonesia memiliki banyak padang golf dan juga atlet, namun minim kompetisi. Dengan adanya Piala Menpora diharapkan para pegolf muda Indonesia bisa punya sasaran jelas saat berlatih.

Direktur PT Karabga Digdaya (Lapangan Golf Emeralda), Arif Wiryawan, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan direktur turnamen terkait kesiapan arena. Untuk bunker akan dilakukan penggemburan setiap hari. Pembuangan embun dilakukan di fairway dan rough yang kali ini dibuat setinggi 2 cm. Kemudian rumput di tee box dan fairway juga dipotong setiap hari.

  


(REN)