Jelang Asian Games 2018

INASGOC Siap Antisipasi Merchandise Palsu

Monica Felicitas Gracia V    •    23 Maret 2018 23:50 WIB
olah ragaasian games 2018
INASGOC Siap Antisipasi Merchandise Palsu
Para model saat mempromosikan sejumlah merchandise Asian Games-Medcom.id/Monic

Jakarta: Mencegah adanya merchandise palsu yang beredar di tengah euforia Asian Games 2018, Direktur Revenue Indonesian Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Hasan Abdul Ghani mengatakan, pihaknya akan memproteksi dengan melarang menjual belikan produk merchandise di jalan-jalan.

"Kalau ada trademark Asian Games akan kena peraturan. Kami sedang membuat peraturan ini," ujar Hasan.

Tak hanya itu, Hasan menambahkan, INASGOC akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk mencegah adanya produk merchandise Asian Games palsu, atau istilah sekarang abal-abal. Nantinya Satgas akan melarang merchandise diperjualbelikan secara liar dan tidak memiliki izin resmi.

Baca juga: Asian Games: Lapangan Dipungut Biaya, Pelatnas Panahan Curhat ke Menpora

"Bukan ingin menakut-nakuti, tetapi kami ingin mendidik sebagai tuan rumah yang baik. Setelah Asian Games ini, bisa jadi Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade atau World Cup. Kalau ambil momentum, jangan pakai tulisan Asian Games saat berjualan," jelas Hasan.

Ditambahkan Wakil Deputi II Bidang Administrasi Pertandingan INASGOC Mochtar Sarman, nantinya penjualan merchandise ini akan menggunakan kepemilikan lisensi. Mulai saat ini INASGOC akan menjalankan sosialisasi dengan merangkul masyarakat yang ingin menjadi suplier merchandise dalam perhelatan Asian Games.

"Produk Asian Games sengaja kami beri hologram yang menandakan merchandise. Pasti 90 persen ada hologramnya, dengan teknik printing khusus," imbuh Mochtar.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Tim Thomas dan Uber Indonesia Tergabung di Grup Neraka
 


(RIZ)