40 Tim Futsal Ramaikan HUT ke-40 BPJS Ketenagakerjaan

Rendy Renuki H    •    07 November 2017 16:06 WIB
futsal
40 Tim Futsal Ramaikan HUT ke-40 BPJS Ketenagakerjaan
Gelaran turnamen futsan BPJS Ketenagakerjaan tahun lalu (ANTARA FOTO/HO/Maman)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 40 tim yang berasal dari kalangan BUMN, instansi pemerintah, korporasi swasta, serta perusahaan media dipastikan tampil dalam Turnamen Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Futsal Challenge 2017 yang akan dilangsungkan di Planet Futsal Klub Rasuna, Jakarta, pada 11-12 November mendatang. 

Turnamen BPJS Ketenagakerjaan Futsal Challenge (BFC) 2017 tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT BPJS Ketenagakerjaan (Dahulu PT Jamsostek) ke-40 tahun yang jatuh pada tanggal 5 Desember.

Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja menjelaskan bahwa Turnamen BFC 2017 yang mengangkat tema "Ciptakan Harmoni di Lapangan Untuk Juara Teladan" ini sejalan dengan semangat 40 Tahun BPJS Ketenagakerjaan yang telah melindungi seluruh pekerja di Indonesia.

"Turnamen ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan menjelang perayaan HUT BPJS Ketenagakerjaan, di mana setiap tim dan peserta wajib terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ini juga merupakan bentuk apresiasi kami terhadap para peserta yang selama ini telah terlindungi oleh program jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan," kata Utoh di Jakarta, Minggu (5/11/2017) lalu.

Baca: Test Event Asian Games, Cabor Menembak Uji Coba Nomor Baru


Utoh menambahkan, Turnamen BFC ini juga selalu dijadikan sebagai ajang pemanasan sebelum tim-tim peserta tampil di turnamen bergengsi lainnya. 

"Mayoritas tim dari kalangan BUMN selalu menjadikan ajang BFC sebagai ajang pemanasan sebelum mereka tampil di Porseni BUMN. Demikian halnya dengan tim dari kalangan korporasi swasta, instansi pemerintah maupun media yang menjadikan ajang BFC sebagai agenda rutin untuk mengukur prestasi tim mereka," Utoh menandaskan.

Ketua Panitia BFC 2017, Mohamad Ridwan mengungkapkan, turnamen kali ini merupakan penyelenggaraan yang kedepalan secara beruntun sejak pertama kali dihelat pada 2009 silam.

Menurut Ridwan, dalam setiap penyelenggaraan Turnamen BFC ini selalu menampilkan juara-juara baru, dimana pada penyelenggaraan BFC 2016 lalu tim futsal Bank BNI keluar sebagai Juara satu. Sedangkan gelar runner up direbut oleh Bank BRI, Juara tiga Bank BNI Syariah dan Juara empat PT Surya Toto.

Sesuai dengan angka ulang tahun BPJS Ketenagakerjaan yang ke-40 tahun, pada penyelenggaraan turnamen BFC 2017 ini, lanjut Ridwan, jumlah peserta juga disesuaikan menjadi 40 tim. Di mana 16 tim harus terlebih dahulu melewati babak kualifikasi sebelum tampil di babak 32 besar untuk berhadapan dengan 24 tim yang langsung mendapatkan wild card berdasarkan undian.

Turnamen di bagi dua hari dimana pada hari pertama akan dilangsungkan babak kualifikasi hingga ke babak 16 besar. Sementara hari kedua pertandingan babak 16 besar dilanjutkan hingga babak grand final. 

Sebelum partai grand final akan dimainkan pertandingan eksebisi yang mempertemukan tim yang diperkuat Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhakiri dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto melawan tim wartawan yang sehari-hari meliput sektor ketenagakerjaan.

Selain Turnamen BFC, agenda besar perayaan HUT ke-40 BPJS Ketenagakerjaan juga akan dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan yang bertema "40 Jam Bersama BPJS Ketenagakerjaan" di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City Tangerang, Banten yang akan digelar selama 40 jam nonstop tanggal 15-17 Desember 2017 mendatang. 

Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya diisi dengan berbagai kompetisi seperti basket 3 on 3. Acara besar ini nantinya akan dimeriahkan oleh sejumlah artis papan atas seperti Slank dan Via Vallent, juga akan digelar lomba ketahanan fisik "Touch The House", dimana peserta terakhir yang bertahan ditetapkan sebagai pemenang dan mendapatkan hadiah utama sebuah rumah.

Khusus untuk kalangan jurnalis, BPJS Ketenagakerjaan juga kembali menggelar lomba karya tulis jurnalistik bertajuk "BPJS Ketenagakerjaan Journalistic Award 2017".

Video: Perbasi Cup 2017 Resmi Dimulai
 


(RIZ)