Jelang Asian Games 2018

Kejurnas Rugby Diharapkan Menghasilkan Timnas yang Tangguh

Krisna Octavianus    •    25 Oktober 2017 14:03 WIB
asian games 2018
Kejurnas Rugby Diharapkan Menghasilkan Timnas yang Tangguh
Suasana tes event Asian Games sekaligus Kejurnas Rugby. (Foto: MTVN/Krisna Octavianus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rugby 7s yang dikemas dalam rangkaian test event Asian Games punya misi tersendiri. Diharapkan, melalui Kejurnas tahun ini akan terbentuk tim nasional Rugby 7s yang tangguh untuk ajang Asian Games 2018.

Ada 11 daerah yang ikut dalam gelaran kali ini dengan rincian 11 tim putra dan 7 tim putri. Semua atlet yang turun dalam ajang ini mendapat pemantauan dari tim kepelatihan timnas Indonesia yang sedang mempersiapkan diri untuk ajang Asian Games tahun depan.

Ajang Kejurnas Rugby 7s kali ini diselenggarakan di Lapangan Soematri Brodjonegro, Kuningan, Jakarta. Harapannya, kejurnas bisa menjadi ajang yang bagus, baik untuk kesiapan panitia dan atlet.

Baca: Venue Rugby Asian Games Masih Samar


"Dua harapan ini dalam Kejurnas adalah menilai kesuksesan kesiapan panitia dan semua atletnya. Lalu yang kedua target kami karena ini seleksi timnas, jadi ini berhubungan langsung. Panitia siap, timnas siap untuk tahun depan di Asian Games," ujar Fikri Al Azhar, manajer kompetisi Kejurnas Rugby 7s.

Meski begitu, Pengurus Rugby Union Indonesia (PRUI) belum mendapat kepastian kapan bisa memulai pemusatan latihan (TC) untuk Asian Games 2018. Sejauh ini harapan mereka adalah bisa TC di luar negeri seperti saat jelang SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

"Karena belum keluar SK dari pemerintah karena Satlak Prima baru dibubarkan juga jadi kami masih menunggu putusan siapa yang akan menggantikan dan prosesnya seperti apa. Akan tetapi, hitungannya setelah besok Kejurnas selesai kami sudah punya daftar pemain yang masuk pelatnas. Tinggal nunggu SK pemerintah" lanjutnya.

Baca: Rugby Tidak Pasang Target Muluk-muluk di Asian Games


"Kalau punya waktu panjang, misalnya 10 bulan kami sudah punya rencana mengirim atlet ke luar negeri untuk latihan dan ikut kompetisi ke luar negeri dan juga punya rencana bikin kompetisi internasional, kompetisi level Asia di venue yang sebenarnya," pungkas Fikri.

Sebagai informasi, cabang olahraga Rugby yang dipertandingakan di Asian Games 2018 adalah Rugby 7s. Sebelumnya, Indonesia sudah berpartisipasi di ajang SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Video: KONI Gelar Rapat Koordinasi Cabor Unggulan Asian Games 2018


(ASM)