Atlet, Jurnalis dan Partisipan Asian Games Bebas Visa

Mulyadi Pontororing    •    27 Januari 2018 17:24 WIB
asian games 2018
Atlet, Jurnalis dan Partisipan Asian Games Bebas Visa
Petugas Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat menyusun dokumen paspor milik pemohon di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat, Jakarta, Rabu 12 Juli 2017. Foto: ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA

Manado: Atlet, jurnalis maupun partisipan dalam Asian Games 2018 dibebaskan dari biaya visa. Keputusan ini tertuang dalam Surat  Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-UM.01.003-0078 tanggal 10 Januari 2018 tentang Pelaksanaan Pemberian Visa, Izin Masuk dan Izin Tinggal Bagi Partisipan Asian Games 2018.

Dalam surat tersebut biaya seluruh partisipan yang sudah terdaftar dibebaskan dari biaya US$25. Negara yang sudah masuk daftar visa kunjungan saat kedatangan (Visa on arrival) termasuk ke subjek bebas visa kunjungan.

"Adapun nama partisipan Asian Games selengkapnya akan diinformasikan lebih lanjut oleh Indonesia Asian Games Organizing Comittee 2018 (INASGOC)," kata Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilaya Kemenkum HAM Sulawesi Utara Dodi Karnida, Sabtu, 27 Januari 2018.

Menurutnya, ini merupakan dukungan Imigrasi dan Kemenkum HAM RI dalam menyukseskan ajang Asian Games 2018 yang akan digelar di Indonesia. Indonesia sebagai tuan rumah harus memberikan kemudahan bagi negara partisipan Asian Games 2018.

"Jajaran kami saat ini tengah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar bisa menjadi tuan rumah yang baik," pungkasnya.

Dia menambahkan, surat ini berlaku di seluruh pintu masuk Indonesia, di darat laut maupun udara.

"Bebas visa ini tak hanya berlaku di bandar udara namun juga termasuk pelabuhan laut seperti di Batam atau pintu masuk darat seperti di Entikong Kalimantan Barat, Motaain di NTT Perbatasan dengan Timor Timur maupun Skouw, Papua yg berbatasan dengan Papua Niugini," pungkasnya.


 


(SUR)