UI Open 2018 Pacu Regenerasi Atlet Memanah Indonesia

Kautsar Halim    •    22 Januari 2018 14:24 WIB
olahraga
UI Open 2018 Pacu Regenerasi Atlet Memanah Indonesia
Suasana lomba panahan UI Open. (Foto: Medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Promosi olahraga memanah kepada masyarakat luas tersaji di ajang UI Open 2018. Meski baru diselenggarakan perdana oleh para mahasiswa dan mahasiswi Universitas Indonesia, rangkaian turnamennya berlangsung meriah dan mendapat respons positif.

“Total peserta yang ikut dalam event ini mencapai 1.156 atlet. Karena format turnamennya open, maka yang ikut bisa siapa saja. Mulai dari atlet nasional, anak-anak, hingga yang peserta yang hanya sekadar hobi memanah, juga bisa ikut bergabung di sini,” ujar Neni Susilawati selaku Penanggung Jawab event UI Open 2018. 

UI Open 2018 terselenggara selama lima hari (17-21 Januari) di Stadion Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Para peserta yang berpartisipasi bukan hanya dari Indonesia, namun beberapa di antaranya juga ada yang berasal dari Malaysia. Sambil berkompetisi, para peserta dan penonton juga dimanjakan dengan beragam booth jajanan yang tertata rapih di depan venue.

Baca: Ganda Malaysia Beberkan Alasan Usai Dipermalukan Fajar/Rian


Terdapat sembilan kategori pertandingan di UI Open 2018, yakni Ronde Nasional SD (Sekolah Dasar) Pemula (kelas 1-3 SD), Ronde Nasional SD Prestasi (kelas 4-6 SD), Ronde Nasional SMP (Sekolah Menengah Pertama), Ronde Nasional SMA (Sekolah Menengah Atas), Ronde Nasional Mahasiswa, Ronde Nasional Umum, Ronde Barebow, Ronde FITA Compound, dan Ronde FITA Recurve.

Kategori lomba kelas pelajar hingga perguruan tinggi memiliki jumlah peserta terbanyak, yakni mencapai sekitar 624 atlet. Kendati demikian, tidak sedikit juga para atlet nasional yang ikut berpartisipasi untuk mewakili daerah maupun klubnya. Biasanya, mereka bertanding di dua kelas, yakni individu dan beregu.

Baca: Daftar Para Unggulan di Indonesia Masters 2018


“Eventnya bagus dan saya senang bisa mendapat pengalaman di sini (UI Open 2018). Soalnya, masih jarang juga ada turnamen besar seperti ini di Indonesia,” tutur Irfan, salah satu peserta yang tampil di kelas Ronde Nasional Umum.

Untuk memacu semangat berkompetisi, pihak panitia juga menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi para pemenang. Beberapa di antaranya berbentuk tabungan dari BNI yang totalnya mencapai Rp20 juta, Piala dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), medali dan voucher belanja. 

Tak ingin ketinggalan berita seputar olahraga? Follow twitter kami @medcom_bola

Video: Fajar/Rian Juara Malaysia Masters 2018


(ASM)