Road to Asian Games 2018

Penghapusan Dua Nomor Balap Sepeda Untungkan ISSI

A. Firdaus    •    23 Oktober 2017 22:25 WIB
asian games 2018
Penghapusan Dua Nomor Balap Sepeda Untungkan ISSI
Ilustrasi (Foto: Adeng Bustomi/Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua nomor perlombaan sepeda BMX dalam cabang balap sepeda Asian Games 2018 dihapus. Keputusan itu menyusul ketiadaan atlet-atlet pelatnas ISSI pada nomor itu.

Dua nomor perlombaan itu adalah nomor gaya bebas putra dan gaya bebas putri disiplin BMX. Keputusan itu bukan dari ISSI, melainkan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Tapi menurut Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, kondisi ini justru dianggap menguntungkan pihaknya. "Pengurangan dua nomor itu yang meminta adalah OCA sendiri," ujar Okto.

Klik di sini: Reaksi Bos Mercedes Usai Juara Konstruktor F1

Penghapusan dua nomor BMX itu semula tidak bertujuan untuk mengakomodasi pergeseran nomor-nomor pertandingan Asian Games 2018, sehingga menambah peluang medali bagi Indonesia.

"Sejak awal, kami memang tidak berencana menggelar nomor gaya bebas BMX. Kami juga tidak perlu melaporkan kepada federasi internasional karena pengurangan nomor BMX itu permintaan dari OCA," terang Okto.

Disamping ketiadaan atlet-atlet dalam pemusatan pelatihan nasional, ISSI juga belum menyiapkan arena perlombaan untuk nomor gaya bebas BMX Asian Games ke-18 itu. (Ant)

Marquez Tampil Impresif di MotoGP Australia
 


(ACF)