Jelang PON 2016

Komandan Kontingen Jatim Lepas 737 Atlet Menuju Bandung

Amaluddin    •    08 September 2016 20:33 WIB
pon 2016
Komandan Kontingen Jatim Lepas 737 Atlet Menuju Bandung
Gubernur Jatim Soekarwo melepas kontingen Jawa Timur menuju PON 2016 (Foto: MTVN/Amalludin)

Metrotvnews.com, Surabaya: Komandan Kontingen Provinsi Jawa Timur untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, yang juga Gubernur Jatim Soekarwo melepas 737 atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor) di Halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis 8 September 2016. Mereka diberangkatkan bertahap.

"Rombongan yang berangkat tahap pertama ini sebanyak 100 orang dari atlet cabor bola basket, futsal dan hoki," kata Pakde Karwo, begitu sapaan akrabnya, di sela pelepasan atlet Jatim, Kamis (8/9/2016).

Dalam sambutannya, Pakde Karwo, mengatakan bahwa kontingen Jatim harus mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Kata Pakde Karwo, konsep kemenangan adalah ridho dari Tuhan Yang Maha Esa dan ikhtiar bersama disertai kedisiplinan yang tinggi dari para atlet yang bertanding.

Pakde Karwo meyakini atlet-atlet Jatim adalah atlet pekerja keras dan memiliki jiwa petarung. Keyakinan tersebut diperkuat dengan ditempanya atlet-atlet Jatim dalam Puslatda selama 3 tahun.

"Saya meyakini, atlet Jatim adalah atlet juara karena sudah ditempa dan digembleng secara baik pada Puslatda. Para pelatih dan pembina secara rutin telah memantau perkembangan latihannya. Tak hanya itu, atlet juga dicek kesehatan dan gizi diurus dengan baik. Bahkan, psikologis mereka juga dijaga dengan baik. Ini satu-satunya proses olahraga modern yang menggunakan konsep teknologi dan ilmu pengetahuan," tegasnya.

Menurut Pakde Karwo, salah satu kegagalan Jatim di PON Riau adalah pengurus daerah (Pengda) tidak disiplin, datang terlambat ke lokasi. Maka itu, ketika tidak ada pendamping dan pendukung, maka psikologis atlet akan jatuh. 

Baca juga: Incar 12 Emas, Atlet Renang Jatim Ingin Tebus Kegagalan di Riau

"Untuk itu, kami akan bergantian untuk menunggu dan hadir di Jabar. Selamat jalan kepada juara. Saya akan terus mendampingi kalian, baik di Jabar maupun dalam doa," pungkasnya.

Tahun ini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim memberangkatkan 1.500 orang. Terdiri dari 737 atlet, 358 ofisial. Mereka dari 56 cabor dari 60 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Seusai sambutan dan memompa semangat para atlet yang akan berlaga di PON Jabar, Pakde Karwo menyalami para atlet satu persatu. Dengan kompak, mereka berbaris dan berjajar rapi.

Tekad Jatim untuk meraih juara umum dibuktikan dengan hadirnya Kapolda, Pangdam, Kajati hingga Bupati/Walikota di 38 kabupaten/kota di Jatim. Mereka hadir memberikan motivasi dan semangat bagi para atlet Jatim.

 
Video: Jabar Turunkan 1.945 Atlet di PON 2016


(RIZ)

DKI Jakarta Juara Umum Cabang Berkuda

DKI Jakarta Juara Umum Cabang Berkuda

23 minutes Ago

DKI Jakarta berhasil menjadi juara umum cabang berkuda setelah para atlet berhasil meraih empat…

BERITA LAINNYA