Jelang PON 2016

198 Wasit dan Juri Asing Terlibat dalam PON Jabar

Roni Kurniawan    •    13 September 2016 09:53 WIB
pon 2016
198 Wasit dan Juri Asing Terlibat dalam PON Jabar
Ilustrasi Wasit PON. (Foto: Ant/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 2.307 wasit dan juri akan bertugas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. Bahkan, sebanyak 198 wasit dan juri didatangkan dari luar negeri untuk bertugas pada setiap cabang olahraga.

Menurut Kepala Bidang Pertandingan PON Yudha Saputra, ratusan wasit dan juri tersebut didatangkan dari Eropa maupun Asia. Kehadiran wasit dan juri itu pun diharapkan memberikan keputusan yang terbaik dalam setiap cabor yang dipimpin.

"Jadi rata-rata tiap cabor ada yang terwakili wasit dari luar negeri. Mereka diharapkan bisa memberikan keputusan yang adil dan profesional," kata Yudha di Bandung, Selasa (13/9/2016).

Yudha mengatakan, wasit dari luar negeri tersebut telah memiliki sertifikat nasional dan internasional di negara masing-masing. Hal itu diakuinya sebagai salah satu syarat untuk memimpin suatu pertandingan di setiap cabor.

Baca: Cabor Angkat Besi Gunakan Alat Standar Internasional

Disinggung mengenai honor yang diberikan, Yudha menegaskan pihaknya telah menentukan aturan. Honor yang diterima oleh wasit dan juri dari luar negeri tetap berdasarkan sertifikat yang dimiliki.

"Meskipun orang bule datang dengan sertifikat nasional, maka honornya sesuai sertifikat. Karena kita sudah menentukan itu," tuturnya.

Baca: Beberapa Kontingen PON Sudah Tiba di Bandung

Yang memebedakan, lanjut Yudha, transportasi yang diberikan kepada wasit dan juri dari luar negeri. Pasalnya, pihak panitia PON telah menganggarkan ongkos dari negara asal para wasit bule tersebut.

"Ya paling ongkos dari negara asalnya datang ke Jabar kita yang tanggung. Tapi tetap itungannya pakai mata uang rupiah bukan dolar,"tutup Yudha.

Video: Suplai Air Bersih untuk Venue PON Mulai Disiapkan

 


(ASM)

Kericuhan Terjadi di Pertandingan Gulat PON XIX

Kericuhan Terjadi di Pertandingan Gulat PON XIX

1 hour Ago

Metrotvnews.com, Bandung: Kericuhan kembali mewarnai PON XIX/Jabar 2016. Kali ini terjadi saat …

BERITA LAINNYA