ATP

Bertingkah Bad Boy, ATP Skors Kyrgios Delapan Pekan

   •    17 Oktober 2016 20:00 WIB
tenisolah raga
Bertingkah <i>Bad Boy</i>, ATP Skors Kyrgios Delapan Pekan
Nick Kyrgios (Foto: AFP/Francisco Leong)

Metrotvnews.com, Canberra: Sosok "bad boy" pantas disandang petenis Australia Nick Kyrgios. Ya, Nick baru saja diskors organisasi tenis putra (ATP) untuk delapan pekan turnamen karena tingkah laku buruknya di turnamen Shanghai Masters pekan lalu.

"Skors akan dikurangi untuk tiga pekan turnamen terkait kesepakatan bahwa sang pemain memasuki rencana untuk mendapatkan arahan dari psikolog olahraga," kata ATP dalam pernyataannya, Senin (17/10/2016).

Petenis 21 tahun peringkat 14 ATP itu juga mendapat denda tambahan sebesar USD25.000 untuk tingkah laku yang berlawanan dengan integritas permainan, yang dapat membuatnya absen bermain sampai pertengahan Januari mendatang.

Federasi Tennis Australia (TA) mengatakan Kyrgios, yang merilis pernyataan pada Senin untuk meminta maaf terkait tingkah lakunya, setuju untuk mencari bantuan profesional yang dapat membuatnya kembali ke lapangan pada 7 November.

Baca juga: Serena Williams Mundur dari Ajang WTA Finals

"Nick memahami gravitasi tindakan-tindakannya, hal itu memperlihatkan penyesalan dan mengekspresikan keinginan untuk berkembang," kata TA dalam pernyataannya.

"Kami selalu menawarkan bantuan dan nasehat untuk Nick dan timnya, dan akan terus melakukannya." 

Petenis Australia bertalenta namun temperamen itu takluk 3-6 dan 1-6 oleh Mischa Zverev di putaran kedua Shanghai Masters, di mana Kyrgios melakukan serangkaian serve setengah hati di babak kedua dan terlihat meninggalkan lapangan sebelum petenis non unggulan asal Jerman itu mengembalikan bola kepadanya.

Kyrgios juga berseteru dengan penonton sebelum dicemooh saat meninggalkan lapangan. Ia didenda USD16.5000 oleh ATP pada Kamis.

Ketua eksekutif dan Presiden ATP Chris Kermode menyebut Kyrgios sebagai "talenta fenomenal" dan berharap petenis Australia itu akan menggunakan waktunya di luar lapangan untuk mengembangkan diri.

"Sikap Nick di Shanghai tidak dapat diterima, tidak menghormati olahraga, dan para penggemar," kata Kermode.

"Kami memperlakukan masalah ini dengan sangat serius, dan ia telah meminta maaf untuk tindakan-tindakannya." 

Dalam pernyataannya, Kyrgios berjanji untuk bersikap lebih baik ketika ia kembali ke lapangan.

"Menyusul keputusan ATP hari ini, saya akan menggunakan kesempatan ini untuk kembali meminta maaf atas apa yang terjadi di Shanghai," ucapnya.

"Saya memahami dan menghormati keputusan ATP dan saya akan menggunakan waktu tidak bermain untuk mengembangkan diri di dalam dan di luar lapangan. Saya benar-benar menyesal dan tidak sabar untuk kembali pada 2017." (ant)

 
Video: Andy Murray Juara Shanghai Masters


(RIZ)