Asian Para Games 2018

Usia tak Lagi Muda, Hartanto Sumbang Perak Lompat Jauh

Kautsar Halim    •    08 Oktober 2018 19:18 WIB
olahragaAsian Para Games
Usia tak Lagi Muda, Hartanto Sumbang Perak Lompat Jauh
Hartanto Settiyo Budi, atlet Indonesia di Asian Para Games 2018 di cabor nomor lompat jauh putra T45/46/47-Medcom.id/Kautsar

Jakarta: Indonesia berhasil menambah raihan medali perak Asian Para Games 2018. Kali ini, medali disumbangkan Hartanto Settiyo Budi, dari cabang olahraga atletik nomor lompat jauh putra T45/46/47.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin 8 Oktober 2018, Hartanto sukses melakukan lompatan terbaik sejauh 7,10 meter. Dia lebih unggul ketimbang atlet Jepang Ashida Ashamu yang meraih perunggu dengan jarak lompatan 6,88 meter.

Wang Hao asal Tiongkok menjadi lawan paling tangguh untuk enam peserta final lomba ini, yang berasal juga dari Afghanistan dan Thailand. Catatan lompatannya mencapai 7,53 meter atau berselisih 0,43 meter dari Hartanto.

Baca juga: Suparniyati, Anak Penjual Tempe yang Jadi Ratu Tolak Peluru Asia

Ditemui seusai laga, Hartanto mengaku sangat senang bisa menyumbang perak. Sebab, dia ditargetkan meraih perunggu dan pencapaian terbaiknya saat test event hanya 7,07 meter. Ditambah lagi, usia Hartanto juga tidak muda, yakni 33 tahun.

"Ini sangat membanggakan karena merupakan Asian Para Games terakhir saya. Meski begitu, saya masih bakal tampil di Asean Para Games (Manila) tahun depan," kata Hartanto kepada wartawan. 

"Semoga atlet lain termotivasi bahwa di usia 33 tahun ini saya masih bisa memecahkan rekor pribadi. Sukses untuk penyelenggaraan Asian Para Games. Semoga bisa memotivasi atlet lain dan masyarakat Indonesia," tambahnya. 

Kontribusi Hartanto memang belum bisa mengangkat posisi Indonesia di posisi tujuh klasemen sementara raihan medali. Saat ini, Indonesia baru memiliki 17 medali dengan rincian 3 medali emas, 6 perak dan 8 perunggu.

Video: Rica Oktavia Sumbang Medali Emas dari Lompat Jauh
 


(RIZ)