Jelang SEA Games 2017

Timnas Bola Voli Putri Indonesia jadi Runner Up di Vietnam

Kautsar Halim    •    16 Juli 2017 12:23 WIB
olahraga
Timnas Bola Voli Putri Indonesia jadi Runner Up di Vietnam
Selebrasi timnas bola voli putri Indonesia. (Foto: Humas KOI)

Metrotvnews.com, Hai Duong: Timnas bola voli putri Indonesia harus puas hanya menjadi runner up di ajang Turnamen Bola Voli Internasional Piala VTV 2017. Itu terjadi lantaran mereka ditaklukkan Tim Nasional Mahasiswi Jepang pada fase final, Sabtu 15 Juli.

Bertanding di GOR Nha Thi Dau, Hai Duong, Vietnam, bukan tugas mudah bagi para srikandi Indonesia untuk menaklukkan wakil Jepang. Jalannya pertandingan dikuasai dengan baik oleh Jepang hingga akhirnya laga ditutup dengan skor telak, 0-3 (14-25, 19-25, 14-25).  


Klik: Nato dan Sean Gelael Gemilang di Silverstone


Jepang menurunkan para peserta yang masih duduk di perguruan tinggi karena sedang mempersiapkan diri menyambut ajang Universiade di Taiwan pada Agustus mendatang. Laga final ini bukan pertemuan pertama dengan timnas Indonesia, karena mereka juga sempat menang dengan skor yang sama pada babak penyisihan. Meski gagal menjadi yang terbaik, torehan ini sudah lebih baik ketimbang tahun lalu. Pasalnya, Indonesia yang saat itu diwakili klub BVN Bekasi Plus hanya finis di urutan ketiga. Keterangan ini disampaikan langsung oleh Risco Herlambang selaku pelatih timnas bola voli putri Indonesia.

"Permainan mereka (timnas bola voli putri Indonesia) sudah meningkat dibanding ketika babak penyisihan," ujar Risco seusai laga dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com.

"Tim Jepang memang sangat kompak dalam permainan, sehingga anak-anak kesulitan menghadapinya," tambahnya

"Kemudian, hasil latihan selama sebulan di Padepokan Voli Sentul juga sudah terlihat dalam turnamen di Vietnam ini," lanjut mantan libero timnas putra ini.


Klik: Tim Renang Indonesia Sumbang 5 Emas pada Hari Pertama


Tim bola voli putri Indonesia sengaja ikut turnamen di Vietnam untuk mempersiapkan diri menyambut SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Secara individu timnas bola voli putri sudah tergolong berprestasi karena Aprilia Manganang terpilih menjadi spiker terbaik dan Siti Nurfadillah sebagai bloker terbaik. (RO)

Berikut urutan juara Turnamen Bola Voli Internasional Piala VTV 2017:

1. Jepang
2. Indonesia
3. Vietnam A
4. Suwon City Korsel
5. Vietnam B
6. Tiongkok
7. Thailand.


(KAU)