Pagi Ini Tour de Banyuwangi-Ijen Dimulai

Tri Kurniawan    •    27 September 2017 06:17 WIB
itdbi banyuwangi banyuwangi
Pagi Ini Tour de Banyuwangi-Ijen Dimulai
Tour de Banyuwangi-Ijen 2016. Foto: dok Pemkab Banyuwangi

Metrotvnews.com, Banyuwangi: Pagi ini, pembalap akan memulai International Tour de Banyuwangi-Ijen (ITdBI) 2017. Start etape 1 sekitar pukul 09.30 dari Pasar Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

ITdBI 2017 awalnya akan diikuti 20 tim dari 29 negara. Namun, Nice Cycling Team, tim kontinental dari Kuwait, hingga kemarin belum tiba di Banyuwangi tanpa alasan.

Pembalap akan bertarung di empat etape dengan total lintasan sejauh 533 kilometer. Ajang tahunan yang digelar sejak 2012 ini akan berakhir pada Sabtu 30 September.

Senin 26 September, ITdBI 2017 resmi dibuka, diawali pelepasan tukik oleh pembalap di Pantai Cacalan menjelang petang. Lalu, pembalap city tour dan menuju Taman Blambangan untuk menghadiri seremoni pembukaan dan diperkenalkan ke masyarakat.

"Selama lima tahun penyelenggaraan, ITdBI mendapat predikat excellence dari UCI selama dua tahun terakhir berturut-turut. Ini menjadikan ITdBI masuk dalam tujuh kejuaraan balap sepeda terbaik di Asia dan Indonesia. Ini harus kita pertahankan," kata Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko saat seremoni pembukaan.

Dalam jumpa pers sebelum pembukaan, Yusuf mengatakan, ITdBI tahun ini 100 persen siap digelar. Semua jalur aman. Pasir sisa-sisa perbaikan jalan sudah dibersihkan di sepanjang etape 1 sampai etape 4. Begitu juga soal pengamanan yang melibatkan semua unsur.

"Hingga rapat terakhir, sudah siap, tidak ada persoalan," ujar Yusuf.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas tidak menghadiri seremoni pembukaan ITdBI 2017 karena  sedang menjalankan tugas di Azerbaijan. Melalui sambungan facetime, dia menyampaikan harapan semua pembalap dapat menjalani kompetisi dengan lancar dan mampu menyelesaikan seluruh etape dengan sempurna.

“Selamat datang dan selamat bertanding. Meski tidak bisa menyaksikan secara langsung, saya akan pantau seluruh kegiatan ini hingga etape terakhir," kata Anas dari Azerbaijan.

Terkait ketidakhadiran Nice Cycling Team, Chairman ITdBI 2017 Guntur Priambodo akan mengonfirmasi alasannya. Dia mengatakan, ketidakhadiran Nice tidak akan mempengaruhi balapan.

"Ini tidak akan mengurangi kualitas tim," katanya.

 


(TRK)