SEA Games 2017

Malaysia Akhirnya Kabulkan Protes Terkait Regulasi Undian Cabor Sepak Bola & Futsal

Kautsar Halim    •    04 Juli 2017 13:48 WIB
sea games 2017
Malaysia Akhirnya Kabulkan Protes Terkait Regulasi Undian Cabor Sepak Bola & Futsal
Foto: singaporeolympics.com

Metrovnews.com, Jakarta: Malaysia akhirnya luluh dan mengabulkan protes keras dari negara-negara peserta SEA Games 2017. Rancangan regulasi yang tadinya berpeluang mencoreng nilai sportivitas itu sudah mereka ubah.

Perubahan baru terjadi setelah digelar pertemuan antara Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Dewan Olimpiade Malaysia, dan Malaysia Organizing Committee (MASOC). Pertemuan itu berjalan lancar di Malaysia pada Senin 3 Juli waktu setempat.

Inti dari hasil pertemuan itu menyebutkan, Malaysia telah sepakat menggunakan regulasi yang digunakan pada SEA Games sebelumnya. Jadi, Malaysia dipastikan tidak bisa memilih grup sesuka hati dalam pengundian fase grup di cabang olahraga sepak bola dan futsal.

"Kami harap dengan mengembalikan mekanisme seperti yang digunakan sebelumnya tak akan lagi ada kekhawatiran terkait undian sepak bola," kata Sekretaris Jenderal FAM, Datuk Hamidin Amin seperti dikutip New Straits Times.
 

Baca: Menpora Geram dengan Sikap Otoriter Malaysia


"Semoga cabang olahraga sepak bola SEA Games yang dimulai pada 14-29 Agustus mendatang bisa bergulir dengan sportif," tambahnya.

Rancangan regulasi SEA Games 2017 menjadi kontroversi karena salah satu poinnya menyebutkan bahwa Malaysia sebagai tuan rumah berhak memilih grup sesuka hati di fase penyisihan cabang olahraga sepak bola dan futsal.
 

Baca juga: Cedera Maria Londa Jadi Perhatian CdM


Seluruh anggota Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) yang ikut SEA Games 2017 sontak terkejut dengan rancangan regulasi tersebut. Pasalnya, selain bisa mencederai nilai sportivitas, regulasi tersebut juga belum pernah ada dalam sejarah SEA Games sebelumnya.

Sebagai bentuk protes, seluruh anggota AFF termasuk Indonesia akhirnya menggelar pertemuan di Vietnam pada 1 Juli lalu. Pertemuan itu melahirkan petisi keberatan yang dikirimkan kepada Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Dewan Olimpiade masing-masing negara agar bisa tersampaikan dengan tegas kepada MASOC.

Video: ?PSSI Protes Mekanisme Undian Sepak Bola Sea Games 2017



(ACF)