SEA Games 2017: Atletik

Kata Maria Londa Usai Mengawinkan Perak di SEA Games 2017

Kautsar Halim    •    25 Agustus 2017 19:11 WIB
sea games 2017
Kata Maria Londa Usai Mengawinkan Perak di SEA Games 2017
Maria Londa (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Atlet atletik kebanggaan Indonesia Maria Natalia Londa tidak menyesali raihan medali perak keduanya di ajang SEA Games 2017 Malaysia. Menurutnya, pencapaian itu sudah lebih baik karena ia sempat cedera dan sudah tidak muda lagi. 

"Saya hanya bisa bersyukur dengan pencapaian ini. Tuhan sudah kasih yang terbaik," kata Londa seusai sesi pengalungan medali di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Jumat (25/8/2017). 

Setelah menyabet medali perak di nomor lompat jangkit, Maria juga tetap menjadi yang kedua saat memainkan nomor andalannya, yakni lompat jauh, Jumat 25 Agustus. Saat itu, loncatannya hanya sejauh 6.47m atau berselisih 0.21m dengan Bu Thi Thu Thao asal Vietnam yang meraih emas. 
 

Baca: Triyaningsih Gagal Pertahankan Medali Emas di Nomor 5000m


Dijelaskan oleh Maria, sampai dengan saat ini cedera lututnya pasti kambuh apabila tidak mendapat suntikan rutin dari dokter yang merawatnya. Oleh karena itu, pencapaiannya untuk mengawinkan medali perak tetap disyukuri.

"Mungkin untuk orang lain yang pernah mengalami cedera selama 6 bulan tidak bisa apa-apa atau down. Tapi Puji Tuhan, saya masih bisa kembali dengan kondisi dan prestasi yang tidak terlalu menurun. Jadi, saya bersyukur masih bisa berdiri di podium," kata Maria. 
 

Baca juga: Bersaing Menuju Semifinal, Indonesia Dikepung Tiongkok


Maria sudah berkecimpung di dunia atletik selama 15 tahun. Ia mengaku belum bosan untuk berkarier dan harus siap berlatih kembali di Bali untuk mempersiapkan diri menjelang Asian Games 2018. Kendati demikian, ia menyadari usianya sudah menginjak 26 tahun dan bakal mengurangi jumlah nomor pertandingan yang diikuti.

"Untuk Asian Games 2018, saya mau turun pada satu nomor saja (lompat jauh). Saya enggak mau lagi ikut triple jump (lompat jangkit) karena bikin deg-degan," pungkas atlet kelahiran Denpasar, Bali tersebut. 

Video: ?SEA Games 2017: Cabor Renang dan Tinju Tambah Emas untuk Indonesia
 


(ACF)