Persiapan Asian Para Games 2018 Hampir Rampung

   •    26 September 2018 11:41 WIB
asian para games
Persiapan Asian Para Games 2018 Hampir Rampung
Sejumlah atlet difabel menaiki bus saat simulasi transportasi jelang penyelenggaran Asian Para Games 2018, di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. (Foto: ANTARA/Aprillio Akbar)

Jakarta: Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 hanya tinggal menghitung hari. Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) memastikan persiapan jelang kompetisi olahraga se-Asia itu hampir 100 persen.

"Kita bersyukur euforia Asian Games berdampak pada Asian Para Games. Artinya antusiasme masyarakat sudah menantikan ajang ini dan dari sisi persyaratan kita sudah hampir 100 persen (rampung)," ujar juru bicara INAPGOC Tina Talisa dalam Metro Pagi Primetime, Rabu, 26 September 2018.

Tina mengatakan INAPGOC menargetkan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 sukses baik dari segi pelaksanaan, administrasi, maupun legacy. Selain venue yang akan digunakan, pihaknya juga tengah mematangkan teknis operasional permainan termasuk wisma atlet dan fasilitas transportasi.

"Tinggal menyiapkan sport equipment seperti tenda. Jadi secara umum kita siap 100 persen termasuk menyambut kontingan yang akan datang lebih awal pada 29 Oktober nanti," kata dia.

Tak hanya venue dan penyambutan kontingen, pihaknya juga memastikan pada pembukaan Asian Para Games tak kalah meriah dari Asian Games yang sudah lebih dulu diselenggarakan.

Sedikit bocoran, kata Tina, konsep acara pembukaan Asian Para Games mengusung Keberagaman dalam Persatuan yang akan ditunjukkan oleh 40 orang penampil yang juga penyandang disabilitas. Acara pembukaan juga akan disiarkan secara langsung selama dua jam penuh.

"Karena ujungnya sebagai legacy jadi bukan cuma infrastruktur tapi kita tunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang ramah disabilitas dari sikap dan perilaku yang menunjukkan kesetaraan," jelas dia.




(MEL)