Motorcross Internasional MXGP Seri 13

Semarang Siap Gelar Seri Dunia Balapan Motorcross

Mustholih    •    02 Juli 2018 19:10 WIB
olah raga
Semarang Siap Gelar Seri Dunia Balapan Motorcross
Ilustrasi (Antara/ANDIKA WAHYU)

Semarang: Kota Semarang terpilih menjadi tuan rumah balapan di ajang Motorcross Internasional MXGP Seri 13. Even berskala dunia yang digelar pada 6 sampai 8 Juli 2018 di Sirkuit Mijen, Semarang, itu bakal diikuti 60 pembalap motorcross se-Indonesia dan 40 pembalap motorcross dari 27 negara.

"Even ini ada (yang berskala) internasional dan nasional. Yang nasional nanti akan bertarung 60 pembalap se-Indonesia. Yang internasional ada 27 negara yang hadir dan diwakili 40 pembalap," kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Semarang, Jawa Tengah, Senin 2 Juli 2018.

Menurut Hendrar Prihadi, balap MXGP yang digelar di Semarang nanti akan menentukan siapa calon pembalap motorcross terbaik dunia. Sebab di lomba ini, setiap peserta balapan akan memperebutkan skor tertinggi lomba motorcross MXGP. 

Baca juga: Lorenzo Beberkan Penyebab Motornya Diseruduk Rossi

"Ini seri dunia, jadi tim-tim pabrikan ini pasti akan mengirimkan pesertanya ke Kota Semarang karena masuk dalam seri dunia. Sampai akhir tahun skor itu akan keluar catatan siapa pembalap terbaik motorcros dunia," ujar Hendrar Prihadi.

Hendrar menambahkan even ini bakal berdampak besar bagi sektor pariwisata di Kota Semarang. Alasannya, puluhan ribu penonton diklaim bakal menghadiri MXGP dan stasiun televisi Fox Motorsport diperkirakan turut menyiarkannya secara langsung. 

"Selain ekonomi, kita juga mengejar pariwisata. Kata teman-teman penyelenggara, tahun lalu disiarkan Fox Motorsport, itu disaksikan 1,4 miliar penonton. Kalau ini terjadi, 1,4 miliar orang akan tahu Kota Semarang," tegas Hendrar Prihadi.

Baca juga: Kecerdasan yang Menyelamatkan Marquez

Untuk menyemarakkan kegiatan MXGP, Pemerintah Kota Semarang mengundang ratusan pelaku UMKM untuk membuat bazar di sana. Hendrar Prihadi berujar, penyelenggara MXGP menyediakan 200 lapak bagi pelaku UMKM. 


Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (kanan)-Medcom.id/Mustholih

"Sudah diberikan fasilitas oleh Dinas Perdagangan, sudah ada koordinasi dengan penyelenggara, disiapkan 200 lapak untuk bisa dibuat pasar atau baazar," terang Hendrar Prihadi.

Demi menyelenggarakan lomba motorcross tingkat dunia ini, Pemerintah Kota Semarang menggelontorkan uang senilai Rp135 miliar. Sirkuit akan memiliki lintasan sepanjang 2,7 kilometer dan dibangun di atas lahan seluas 5,1 hektare di Pegunungan Mijen, Semarang.

Menurut Hendrar Prihadi, Sirkuit Mijen mampu membuat penonton melihat keseluruhan aktivitas lomba barat tanpa harus berpindah tempat. "Lokasi sangat unik, orang bisa menonton dari tempat berpijak seluruh aktivitas pembalap. Ada cukup banyak tikungan termasuk tikungan yang masih ditumbuhi pohon-pohon pisang. Itu menandakan diadakan di daerah tropis," ungkap Hendrar Prihadi.

Video: Pekan Sulit Pertamina Prema Theodore Racing di Austria
 


(RIZ)