Asian Games 2018

Antisipasi Penularan Penyakit, Venue Equestrian Harus Steril dari Hewan Kurban

Krisna Octavianus    •    04 April 2018 00:55 WIB
asian games 2018
Antisipasi Penularan Penyakit, Venue Equestrian Harus Steril dari Hewan Kurban
Venue Equestrian di Asian Games 2018 (Foto: medcom.id/Krisna Octavianus)

Jakarta: Venue Equestrian Park Pulo Mas yang akan digunakan untuk ajang Asian Games 2018 akan steril dari penyembelihan hewan kurban. Hal itu dikatakan Project Director Equestrian Park, Arsalna Adamarchi.

Arsalna mengatakan sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membebaskan sekitar venue Equestrian Park dari penyembelihan hewan kurban. Sebelumnya komite olimpiade Asia (OCA) meminta dalam radius satu kilometer tidak boleh ada kambing, sapi, dan kuda di sekitar equestrian.

Sterilisasi kawasan ini dilakukan karena dikhawatirkan adanya penularan penyakit dari ketiga hewan tersebut kepada kuda yang akan dilombakan. Kuda harus dalam kondisi baik sebelum lomba.
 

Baca: Renovasi Velodrome, Kontraktor Datangkan 14 Ahli dari Jerman


Arsalna mengatakan ada kekhawatiran terkait hari besar Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus 2018, berbarengan dengan pelaksanaan Asian Games. Tradisi penyembelihan hewan kurban dikhawatirkan akan membuat kuda di equestrian panik dan dalam kondisi buruk karena mencium bau darah hasil dari pemotongan hewan kurban.

"Equestrian ini kan levelnya internasional. Belum ada di Indonesia. Kami harus punya standardisasi yang harus kita ikuti. Termasuk saat pertandingan dalam radius sekian kilometer tak boleh ada kuda tak teregistrasi, kuda-kuda liar," kata Arsalna.

"Kita belum terbiasa ke sana. Radiusnya terakhir di Pergub satu kilometer. Yang dikhawatirkan saat itu bersamaan dengan Lebaran Haji," kata Arsalna.
 

Baca juga: Asian Games 2018: Renovasi Velodrome Habiskan Rp665 Miliar


Untungnya, Pemprov DKI berbaik hati mau berkoordinasi dengan masjid di sekitar venue Equestrian agar tidak melakukan pemotongan hewan. Nantinya, proses pemotongan hewan kurban akan berlangsung di Rumah Potong Hewan (RPH).

"Pemda sangat baik, berkoordinasi dengan masjid-masjid di sini. Mungkin nanti pemotongan bukan di masjid, tapi di RPH. Nanti pembagian lewat masjid. Tapi sudah bukan lagi hewan, tapi dalam bentuk daging," pungkas Arsalna.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Kemenkes Berikan 25 Ambulans untuk Asian Games 2018



(ACF)