Kejuaraan Atletik Dunia U-20

Bonus Rumah Menanti Juara Dunia Lari Junior Lalu Muhammad Zohri

Alfa Mandalika    •    12 Juli 2018 18:14 WIB
olahraga
Bonus Rumah Menanti Juara Dunia Lari Junior Lalu Muhammad Zohri
Lalu Muhammad Zohri (tengah) (Foto: IAAF)

Jakarta: Di tengah gegap gempitanya Piala Dunia 2018, ada kabar suka cita yang datang dari atlet lari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri. Tidak main-main, atlet asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu meraih medali emas di Kejuaraan Atletik Dunia U-20 yang dihelat di Tampere, Finlandia.

Sontak, keberhasilan Zohri langsung menyita perhatian publik Tanah Air. Presiden Joko Widodo dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi langsung memberikan ucapan selamat. Mereka berharap, prestasi ini berlanjut di ajang Asian Games yang dihelat di Indonesia sekitar lima minggu lagi.

Pencapaian Zohri tentu membanggakan bagi Indonesia. Sebab, untuk pertama kali, atlet lari Tanah Air bisa memenangkan kejuaraan dunia di nomor lari 100 meter sejak 32 tahun terakhir.

Prestasi luar biasa itu juga mendapatkan apresiasi dari Menteri Perindustrian era Kabinet Indonesia Bersatu II, MS Hidayat. Mantan Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) itu berinisiatif memberikan hadiah rumah kepada Zohri.

Baca: Bonus Beasiswa untuk Lalu Zohri


"Ketika saya membaca berita itu tadi pagi, saya melihat ini adalah prestasi yang luar biasa. Saya langsung menghubungi Ketua Umum REI saudara Sulaiman. Kita spontan sepakat menyetujui memberikan hadiah rumah di NTB di tempat asal Zohri. Saat ini, REI NTB sedang menjajaki lokasi rumahnya, karena akan diberikan rumah jadi. Kemungkinan, minggu depan sudah diketahui di lokasi mana rumah untuk Zohri," kata MS Hidayat ketika dikonfirmasi medcom.id via sambungan telepon, Kamis 12 Juli 2018.

Ketua kehormatan REI itu menambahkan, pertimbangannya memberi hadiah rumah ialah atas prestasi Zohri. Dia mengatakan, bukan kali ini saja REI memberikan rumah kepada atlet berprestasi.

"Jadi ini (hadiah rumah) adalah atas dasar prestasi Zohri. Sejak saya ketua umum REI 15 tahun lalu, kita biasanya kalau ada atlet-atlet nasional yang berprestasi di dunia, waktu itu kebanyakan bulu tangkis, selalu kita kasih hadiah rumah, saya kira ini perlu berlanjut.  Siapa yang menyangka, ini kan di luar perhatian kita. Jadi, yang harus dikasih adalah atlet yang mencuri perhatian kita," kata MS Hidayat.

"Jangan karena kita sedang gegap gempita, urusan sepak bola (Piala Dunia) mau final, atlet nasional yang berprestasi kurang mendapatkan perhatian. Terima kasih juga kepada pengurus besar PASI, tanpa pembinaan dari PASI tidak mungkin bisa meraih prestasi seperti ini," tutur Hidayat.


Rumah yang diduga dihuni Zohri. (Foto: Ist)

Tempat tinggal Zohri diketahui sangat sederhana. Dari informasi yang dihimpun, rumah yang dihuni Zohri berukuran kecil dan membutuhkan renovasi.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Jelang Semifinal, Menikmati Pemandangan Moskow-St.Petersburg, #SalamdariRusia


(ASM)