Kejuaraan Nasional Karate Piala Menteri Dalam Negeri XIX

Bawa 39 Karateka, Sulsel Target Juara Piala Mendagri

Andi Aan Pranata    •    20 Maret 2017 18:15 WIB
kejurnas karate
Bawa 39 Karateka, Sulsel Target Juara Piala Mendagri
Atlet Karate Sulawesi Selatan yang akan tampil pada Kejuaraan Nasional Karate Piala Menteri Dalam Negeri XIX di Lampung (Foto: MTVN/Andi Aan Pranata)

Metrotvnews.com, Makassar: Federasi Olahraga Karate-Do (Forki) Sulawesi Selatan mengutus 39 atlet pada Kejuaraan Nasional Karate Piala Menteri Dalam Negeri XIX, yang digelar di Bandar Lampung, Lampung, 24-26 Maret 2017.

Pada ajang dua tahunan ini, tim Sulsel turun pada tiga kategori berbeda, yakni kadet, junior, dan kelompok usia 21 tahun. Mereka akan bersaing dengan peserta yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia. 

Manajer tim karate Sulsel Ellong Tjandra menargetkan juara umum pada gelaran kali ini. Itu sesuai dengan tradisi karateka daerah selama ini, yang selalu mendominasi pada setiap kejuaraan nasional.

"Tapi kami tidak ingin terlalu membebani para atlet. Setidaknya, kami target bawa pulang medali juara sebanyak mungkin," kata Ellong pada pelepasan karateka Sulsel di Makassar, Senin 20 Maret 2017.
 

Baca: Cetak 61 Poin, Gary Jacobs Pecahkan Rekor IBL


Di antara karateka Sulsel, terdapat trio peraih juara Asia. Mereka adalah Krisda Putri, Nadya Baharuddin, dan Nur Rizka Fauziah. Ketiganya meraih medali emas pada nomor kata beregu putri junior kejuaraan Asia Karate-Do Federation 2016 di Makassar. Namun kali ini Krisda pindah ke kelas kata perorangan putri U-21, sedangkan posisinya pada kata beregu digantikan Aqilla Fadia Haya.

Tim karate Sulsel pada Piala Mendagri 2017 disebut sebagai hasil seleksi dan pembinaan panjang FORKI. Ellong mengatakan, mereka dipilih di antara 370 karateka asal 14 perguruan.

"Seluruhya telah mengikuti pemusatan latihan di Makassar di bawah arahan enam orang pelatih," ujarnya.
 

Baca juga: Persiapan Asian Games 2018 Sudah Mencapai 50 Persen


Ketua FORKI Sulsel yang juga Gubernur setempat, Syahrul Yasin Limpo melepas kontingen Piala Mendagri sekaligus memberikan dukungan berupa uang saku. Di depan para karateka, Syahrul berpesan kepada para karateka agar bertanding dengan segala kepercayaan diri.

"Piala Mendagri adalah gengsi tersendiri. Buktikan bahwa Sulsel mempunyai tradisi juara. Sulsel punya pembinaan yang berjenjang," kata Syahrul.

Video: ?Persiapan Juara Bertahan IBL Menuju Playoff 2017
 
(ACF)