Menpora Resmikan Sekolah Olahraga di Solo Khusus Bagi Penyandang Disabilitas

Pythag Kurniati    •    20 Desember 2018 15:56 WIB
olahragaberita kemenpora
Menpora Resmikan Sekolah Olahraga di Solo Khusus Bagi Penyandang Disabilitas
Menpora meresmikan sekolah olahraga khusus bagi siswa penyandang disabilitas. (Foto: medcom.id/Pythag Kurniati)

Solo: Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meresmikan sekolah olahraga di Solo khusus bagi penyandang disabilitas, Kamis 20 Desember 2018. Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Disabilitas ini dibuka untuk siswa setara Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol yang diiringi bunyi sirine oleh Menpora dan sejumlah pejabat. Peresmian dilakukan di Yayasan Insan Sembada (YIS), Solo.

YIS merupakan asrama bagi para siswa disabilitas. Sedangkan untuk pembelajaran mata pelajaran umum, mereka bersekolah di berbagai SMP dan SMA di Kota Solo.

Pada saat materi olahraga, para siswa akan berlatih di beberapa tempat seperti Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari. "Ini masih rintisan, masih menempati satu wisma, sekolahnya berpencar," kata Menpora Imam Nahrawi, Kamis, 20 Desember 2018.

Baca: Angga/Rian Buka Peluang Jaya Raya Jakarta


Namun ke depan, Imam berjanji akan membangun SKO Disabilitas dalam satu kompleks. "Tentu jika anggaran sudah diperkuat, regulasi dan koordinasi sudah lebih baik," ujar dia.

Adapun SKO Disabilitas ini dibuka untuk empat cabang olahraga, yaitu renang, atletik, bulu tangkis dan tenis meja. Saat ini SKO Disabilitas baru menerima 22 siswa.

"Saya berharap ini akan menjadi kawah candradimuka lahirnya atlet-atlet disabilitas Indonesia," katanya. Lebih jauh, dia meminta agar tiap daerah membentuk Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP).

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: PT LIB Pastikan Jadwal Liga 1 2019 Mundur


(ASM)