Andalkan Atlet Pelapis, ISSI Tetap Optimistis di SEA Games

Rendy Renuki H    •    03 Desember 2018 11:23 WIB
sea games
Andalkan Atlet Pelapis, ISSI Tetap Optimistis di SEA Games
Lomba balap sepeda di Asian Games 2018 lalu (ANTARA FOTO/INASGOC/Ismar Patrizki)

Jakarta: Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) tetap optimistis memberikan yang terbaik di SEA Games Manila 2019 meski mengandalkan atlet pelapis di ajang tersebut. Rencana menurunkan atlet pelapis tersebut sesuai arahan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Cabang olahraga balap sepeda sendiri menjadi salah satu penyumbang medali emas terbanyak di Asian Games 2018 lalu. Balap sepeda mampu menyumbang dua emas, satu perak, dan dua perunggu dari dua nomor yakni downhill dan BMX.

Meski untuk SEA Games Manila yang dimulai pada 30 November mendatang mengandalkan atlet pelapis, namun manajer tim balap sepeda Indonesia, Budi Saputra, tetap optimistis.

"Untuk catatan, lapis kedua kita untuk sekelas ASEAN cukup mumpuni. Saingan kita cuma satu, Thailand," ujar Budi saat ditemui pada acara Rakernas PB ISSI di Jakarta Pusat, Sabtu 1 Desember.

Namun, ia belum bisa membicarakan target prestasi yang ingin dicapai di SEA Games. Pasalnya, pihaknya masih menunggu Kemenpora terkait kriteria pelapis yang akan diturunkan.

"Kita tunggu arahan Kemenpora, paling lambat akhir bulan ini. Karena kalau belum ada proyeksi, kita masih belum bisa melihat siapa yang akan diturunkan dan akan melawan siapa," sambungnya.

Sementara, untuk SEA Games Manila 2019 sendiri, cabor balap sepeda hanya akan melombakan tiga nomor. Diantaranya downhill, BMX, dan road race, sedangkan nomor track tidak disertakan karena tak adanya venue (velodrome) di Manila.

 


(REN)