Pemprov Papua Barat Berencana Bangun Sirkuit Balap Motor

Krisna Octavianus    •    06 Oktober 2016 07:31 WIB
balap motor
Pemprov Papua Barat Berencana Bangun Sirkuit Balap Motor
Sirkuit Balap Motor (Foto: ANTARA FOTO/SAHRUL MANDA TIKUPADANG)

Metrotvnews.com, Papua: Pemerintah Provinsi Papua Barat berencana membangun sirkuit balap motor di wilayah Distrik Masni Manokwari. Pemerintah provinsi Papua Barat tahun ini akan membebaskan lahan pembangunan tersebut.

"Kami menilai langkah ini cukup baik dan merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam mengembangkan cabang olahraga balap motor di daerah," kata Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Papua Barat Rudi Timisela di Manokwari, Rabu (5/10/2016).

Pria yang juga Ketua Komisi A DPR Papua Barat ini menjelaskan, pembangunan sirkuit akan ditangani oleh Dinas Pemuda dan Olahraga.

(BACA: Demi Gaet Investor, Garuda Bandung Lakoni Tur Nusantara)

"Kami meminta dan memohon agar kiranya tahap perencanaan yang sudah diselesaikan bisa dilanjutkan dengan kegiatan pembangunan fisik, paling tidak bisa dilaksanakan pada 2017,"¿ ujarnya.

Sekretaris IMI Papua Barat Robert Wambrauw mengatakan olahraga balap motor di daerah ini membutuhkan dukungan sarana dan prasarana. Hal ini penting sebagai sarana pembinaan bibit-bibit atlet balap motor.

Di sisi lain, katanya, hal ini untuk mengurangi aktivias balap liar yang dilakukan oleh pemuda dan remaja di daerah-daerah yang bukan semestinya.

"Keberhasilan pembalap Papua Barat dalam meraih emas di PON Jawa Barat sejatinya tidak lepas dari campur tangan pengurus KONI Papua Barat. Ada bantuan dan dukungan sehingga medali emas yang diraih ini dipersembahkan kepada pemerintah provinsi dan masyarakat Papua Barat,"¿kata Robert.

Ia berharap, melalui prestasi yang diperoleh pada PON Jawa Barat tersebut dapat memacu niat pemerintah daerah untuk terus mengembangkan salah satu cabang olahraga tersebut.

Menurutnya, setiap daerah memiliki potensi atlet balap, termasuk Papua Barat. Jika hal itu tidak bina secara tepat, potensi tersebut akan terarah pada aktivitas yang bersifat negatif.

(BACA: Marquez Berpeluang Amankan Gelar Juara MotoGP di Motegi)

"Balap liar akan meningkat, dan hal ini pun bisa memacu peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas. Itu semua harus dijegah, salah satunya dengan menyiapkan arena bagi mereka," ujarnya lagi.

Robert bersyukur pemerintah sudah memiliki niat untuk membangun sirkuit. Ia berharap, setelah pembabasan lahan selesai pembangunan bisa segera dilaksanakan," pungkasnya. (ANT)

 


(KRS)